Jonas Folger Raih Podium Pertama Kali Saya Harusnya Kalahkan Marquez!

Jonas Folger sukses meraih podium untuk pertama kali di ajang MotoGP dalam Grand Prix Jerman yang digelar di kandangnya sendiri. Sang pebalap Yamaha Tech 3 bertarung sengit dengan Marc Marquez, dan harus puas dengan peringkat kedua saja. Namun menurut Folger, sebenarnya ia punya potensi untuk mengalahkan Marquez jika tidak melakukan kesalahan sendiri.

Di GP Jerman yang digelar pada Minggu (2/7), Marc Marquez kembali menunjukkan keampuhannya. Ia memang sempat tertinggal di belakang Jonas Folger di lap-lap awal, tetapi kemudian menemukan momentum untuk menyalip; dan menang dengan selisih 3,3 detik dari sang runner-up. Marquez sukses menjaga rekor 100 persen di Sachsenring sejak ia pertama kali menang di kelas 125 cc hingga delapan tahun beruntun.

Namun kredit tersendiri tetap layak diberikan kepada Jonas Folger yang sempat memimpin; bahkan terus tampil kompetitif dengan jarak 0,5 detik dari Marc Marquez sampai kesalahan tiga lap sebelum usai membuatnya tercecer. Folger sendiri menyebutkan, dirinya, “Benar-benar tidak tahu harus berkata apa. Saya tidak pernah berharap hari ini bakal seperti ini (jadi runner-up).”:

“Saya benar-benar tangguh; bisa mengikuti Marc cukup baik. Sungguh, saya tidak bisa percaya bahwa kami (Marquez dan Folger)akan menciptakan jarak yang begitu masif dari peringkat berkutnya. Saya pikir Dani (Pedrosa)(posisi ketiga) bakal tipis di belakang.”

Tech 3 Yamaha Pertahankan Duet Zarco-Folger di MotoGP 2018 (1)

Tentang kegagalannya mengimbangi Marc Marquez sang juara bertahan, Jonas Folger punya pendapat pribadi. Katanya, “Saya berada di belakang (Marquez) berusaha menjaga ban (agar tidak terkikis habis), tiba-tiba saya membuat satu kesalahan besar di Turn 1, dan semakin tertinggal dari Marc. Saya mencoba memulihkan jarak, dan iya akibatnya saya ‘membakar’ ban (ban lebih cepat terkikis).”

“Saya tidak memiliki catatan waktu per lap seperti yang diciptakan Marc dalam dua lap terakhir. Namun sungguh,saya pikir saya bisa mengalahkan dia hari ini. Saya memiliki ritme yang baik tetapi hanya dua lap sebelum finish, ban ‘menyerah’ (dan Folger tidak kompetitif lagi melawan Marquez.”

Berkat keberhasilan merebut podium di GP Jerman, sekarang Jonas Folger ada di urutan ketujuh klasemen MotoGP 2017, mengalahkan Danilo Petrucci (Pramac).

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here