Jurgen Klopp Cocok Jadi Pelatih Bayern Munchen, Tinggalkan Liverpool?

Posted on

Coutinho-Klopp

Jurgen Klopp cocok menjadi pelatih Bayern Munchen. Demikian yang menjadi pendapat pemain internasional Jerman Christoph Metzelder. Menurutnya, dibandingkan dengan kandidat lain seperti Julian Nagelsmann (Hoffenheim), atau Thomas Tuchel (eks Borussia Dortmund), Klopp jauh lebih siap. Apakah ini berarti sang juru taktik akan meninggalkan posisinya saat ini di Liverpool?

Sejak pemecatan Carlo Ancelotti pada pekan lalu, Bayern Munchen terus mencari pelatih baru. Tim sebesar FC Hollywood  tidak mungkin hanya memakai caretaker sementara, Willy Sagnol sampai akhir musim ini. Sudah ada beberapa nama yang digadang-gadang tepat untuk menangani Die Roten. Namun menurut Metzelder, sosok paling ideal memang hanya Jurgen Klopp.

Dalam kariernya di Bundesliga, Jurgen Klopp pernah menjalani musim-musim gemilang bersama Borussia Dortmund. Ia mengantarkan BVB yang kala itu didominasi anak-anak muda seperti Shinji Kagawa, Mario Gotze, dan Nuri Sahin untuk juara Bundesliga musim 2010-11 dan 2011-12. Sementara, di Liverpool, Klopp bisa mengantarkan kestabilan untuk bersaing di empat besar. Musim lalu, The Reds bisa finish untuk menembus Liga Champions.

Klopp

Semua itu dilakukan Klopp dengan skuat yang cukup sederhana. Akan halnya Bayern Munchen memiliki segudang pemain bintang, misalnya Arjen Robben, Franck Ribery, Robert Lewandowski, hingga Thomas Muller. Oleh karenanya, kematangan Klopp bakal sangat cocok dikombinasikan dengan bintang-bintang emas Bayern. Setidaknya itulah pendapat Metzelder kepada Sky Sport Deutschland.

Katanya, “Dia (Klopp) adalah manajer papan atas, dan bisa membuat hubungan kekuatan yang kompleks bekerja dengan sangat baik.”

Bukan berarti Julian Nagelsmann yang meroketkan Hoffenheim tidak layak. Namun menurut Metzelder, kapasitas Nagelsmann belum teruji ketika menangani para pemain bintang, mengingat Hoffenheim hanyalah klub biasa yang tidak  memiliki tradisi besar. Dalam konteks ini, Klopp diyakini lebih ideal dibandingkan juniornya yang baru 30 tahun itu.

“[Julian] Nagelsmann adalah pelatih yang luar biasa tapi Bayern Munchen tentu saja memiliki ukuran yang berbeda dengan Hoffenheim. Dari sudut pandang saya, Jurgen Klopp lebih siap,” sebut Metzelder.

Loading...

Sampaikan Pendapat