Loading...
Celebs

Jutaan KK dan NIK Bocor ke China, Menkominfo: Itu Hoax!

hoax

Belum lama ini linimasa Twitter digemparkan dengan cuitan akun anonim @PartaiHulk yang mengklaim bahwa data NIK dan KK dari registrasi SIM milik pengguna prabayar telah bocor. Tak tanggung-tanggung, informasi yang bocor diklaim mencapai 70 juta data! Selain itu, hoax yang dihembuskan oleh akun @PartaiHulk memang bermuatan politis. Menkominfo akhirnya angkat bicara.

Menkominfo Rudiantara menanggapi cuitan hoax yang dihembuskan oleh akun anonim @PartaiHulk. Chef RA mengatakan bahwa informasi yang siebarkan oleh akun @PartaiHulk tersebut tidak benar dan tidak berdasar. Hal tersebut merupakan fitnah keji yang memiliki dasar data yang kuat. Ada pun netizen yang percaya hoax tersebut hanya karena embel-embel ‘*infovalid’ dibelakang cuitan @PartaiHulk.

“Slmt pagi. Tweet @PartaiHulk ini mengandung fitnah yg sangat keji & tidak berdasar. Yg disampaikan ybs tidak benar dan dapat diduga sbg perbuatan yg dilarang UU ITE. Mari selalu tabayyun, hindari fitnah berjamaah. Jangan sampai fitnah/hoax banyak disebar di medsos. Salam, ra,” cuitan Menkominfo Rudiantara membantah hoax melalui akun Twitter-nya.

Hoax mengenai kebocoran data NIK dan KK ini memang sebenarnya isu lama yang sudah berhembus sejak akhir tahun 2017 lalu yang mana registrasi SIM mulai digalakan oleh pemerintah. Hoax yang dihembuskan oleh akun anonim @PartaiHulk ini bukan sekadar hoax kebocoran data, tetapi juga bermuatan politis. Menkominfo mengatakan bahwa dirinya telah membantah sekaligus mengingatkan bahwa penyebar hoax dapat dijerat UU ITE.

“Sudah dibalas kan? Kan gini, pemerintah itu selalu melakukan pendekatannya semaksimal mungkin, soft approach. Mengingatkan teman-teman, masyarakat, bukan main represif saja. Kita liat responnya. Kan ngomongnya baik-baik, sopan, tweet saya sopan kan, ingetin ini gak boleh,” kata Rudiantara, seperti yang dilansir dari Detik (13/03/2018).

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.