Loading...
Lifestyle

Kalori 1 Kaleng Minuman Soda Sama Seperti 1 Porsi Makanan Lengkap

minum soda

Minuman bersoda mengandung pemanis yang cukup banyak. Bahkan seringkali dokter dan ahli medis lain memperingatkan untuk menjauhi minuman tersebut jika ingin tetap sehat dan langsing.

Walau terdengar seperti berlebihan, faktanya memang demikian. Hal itu dijelaskan kembali oleh dr Dyan Mega Inderawati, salah seorang dokter dari laman Klik Dokter.

Menurut dr Dyan Mega, satu kaleng minuman bersoda yang Anda konsumsi mengandung setidaknya tujuh sampai sembilan sendok gula. Itu bukan hal yang baik kesehatan, apalagi jika Anda minum satu kaleng dalam satu waktu saja.

Ditambah lagi jika Anda tidak gemar makan makanan sehat seperti buah dan sayur, maka kebiasaan itu bisa jadi bumerang untuk tubuh Anda sendiri. Anda yang ingin menurunkan berat badan akan kesulitan melakukannya.

Jika satu botol minuman soda 1,5 liter mengandung 700 kalori, sebaiknya Anda tak menghabiskannya dalam sehari. Pasalnya sehari rata-rata orang dewasa hanya butuh kalori 2.000 kilokalori saja.

“Nilai kalori yang terkandung di dalam minuman soda setara dengan satu porsi makan siang Anda,” jelas dr Dyan.

Menurut dia, sayang jika kalori sebanyak itu masuk ke tubuh Anda tanpa ada tambahan nutrisi lain. Minuman soda juga tak mengenyangkan sehingga Anda akan makan lagi hidangan lain.

Dilansir situs Klik Dokter, Rabu (24/2/2018) minuman tersebut berpotensi meningkatkan risiko obesitas sampai 60 persen. Itu senada dengan hasil penelitian oleh Malik dan tim yang telah dipublikasi di American Journal of Clinical Nutrition.

Karena itu ia menyarankan untuk mengganti jenis minuman soda dengan air putih atau jus buah tanpa gula demi kesehatan.

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Sampaikan Pendapat

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.