Loading...
Lifestyle

Kalori Banyak Terbakar Saat Kita Tidur, Itu Fakta

tidur nyenyak

Orang mengira bahwa saat tidur tak ada kalori yang terpakai dan Anda akan bertambah gendut karena tidak melakukan gerakan apa-apa. Padahal, sebenarnya walau dalam kondisi tidur pun ada banyak kalori yang terbakar.

Dilansir laman time.com, dalam satu jam saja kalori yang digunakan untuk berbagai proses kerja tubuh mencapai 50 sampai 100 kalori.

Menurut Matthew Walker, profesor psikologi dan neurosains di University of California, Berkeley, tidur kadang tidak dianggap sebagai hal yang membuat badan sehat dan berat badan ideal.

“Tidur malam yang cukup merupakan salah satu faktor yang sering terlupakan dalam kaitannya menjaga berat badan sehat.”

Otak adalah organ tubuh yang bahkan menjadi lebih aktif, atau setidaknya tetap aktif bekerja walau sedang tidur. Selain itu, sistem metabolisme tubuh juga akan lebih baik jika seseorang cukup istirahat.

Baca Juga:  Ternayata Serabut Putih Pada Buah Jeruk Memiliki Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh!

Sebuah studi yang digelar tahun 2012 lalu, meneliti pola tidur relawan pria dan wanita yang sehari hanya menghabiskan 4 jam untuk istirahat.

Ternyata tubuh mereka menjadi resistensi insulin (insulin tidak bekerja normal) sehingga resiko mengalami obesitas dan diabetes meningkat. Studi tersebut telah dipublikasi pada jurnal Annals of Internal Medicine.

Dalam studi lain, disebutkan bahwa jika tidur pada suhu dingin maka lemak dan kalori yang terbakar malah akan jadi lebih banyak, juga kepekaan insulin meningkat.

Dengan demikian, ini bisa jadi salah satu cara menurunkan berat badan tanpa susah payah, cukup tidur nyenyak dan badan makin langsing.

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.