Loading...
Berita

Kampanye Parpol Dilarang Sebelum 23 September 2018


Aktifitas kampanye partai politik untuk Pemilu 2019 tak boleh dilakukan sebelum 23 September 2018. Karena jika dilakukan melanggar UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017.


Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Arief Budiman, mengatakan masa kampanye untuk Pemilu 2019 baru bisa dimulai pada 23 September mendatang. Hal itu seusai UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017 yang mengungkapkan secara detail mengenai aktifitas kampanye.


“Apapun aktivitas yang dilakukan, kalau hal itu masuk dalam kegiatan kampanye maka dia hanya boleh dilaksanakan pada masa kampanye saja,” kata Arief Budiman kepada awak media usai memberikan paparan di Rakornas Persiapan Pilkada Serentak 2018 di Jakarta, Selasa (20/2/2018).

Baca Juga:  Personel Penerangan TNI Dituntut Lebih Profesional dan Modern

Karena itu, ujar dia, meski 14 partai politik telah ditetapkan sebagai peserta Pemilu 2019 dan sudah mengambil nomor urut, kampanye belum boleh dilakukan.


Kata dia, jika sesuai aturan, kampanye untuk Pemilu 2019 dilakukan tiga hari setelah penetapan daftar calon tetap (DCT) oleh KPU. ”

“Penetapan DCT dijadwalkan pada 20 September mendatang. Maka masa kampanye baru bisa dimulai pada 23 September,” tutur Arief.


Arig mengingatkan bahwa ada jeda selama sekitar tujuh bulan sebelum 23 September yang dihitung sejak 19 Februari 2018 sehingga waktu tujuh bulan itu merupakan area abu-abu yang berpotensi menimbulkan perdebatan di antara partai politi.


Oleh Karena itu, berdasarkan masukan dari sejumlah pihak mengenai masa jeda itu untuk mengantisipasi banyaknya bentuk pelanggaran oleh parpol, KPU sedang menyelesaikan koordinasi dengan Bawaslu, Dewan Pers dan KPI untuk merumuskan aturannya.
Tetapi pada prinsipnya, kalau suatu kegiatan masuk dalam kategori kampanye maka akan dilarang. “KPU dan Bawaslu segera memastikan rumusan yang tegas.” ujar Arief. (rot)

Baca Juga:  Misteri Buku Hitam Setya Novanto…..

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.