Sebuah unggahan di akun Facebook bernama Rizaldi Agung tiba-tiba saja menjadi viral dan diperbincangkan. Unggahan itu menyangkut nama Najwa Shihab yang berisi foto-foto presenter 39 tahun itu tampil berani. Tak banyak kata yang diumbar oleh Rizaldi saat mengunggah tautan tersebut. Dia hanya menuliskan 3 kata saja disertai tawa khas warga Indonesia.

’’Wkwk gak nyangka bgt,” tulis Rizaldi, seperti yang tertera di jpnn.com

Ironisnya, banyak yang menganggap jika tautan tersebut benar. Bahkan, tautan tersebut sudah disebar hingga ratusan kali. Kebanyakan yang berkomentar di situ menyudutkan Najwa Shihab. Padahal, sepertinya mereka tak sadar jika tengah tertipu.

Hal tersebut wajar sekali lantaran tautan tersebut dibuat seolah-olah dari berita di okezone.com. dan ketika di klik tautan tersebut akan mengarah pada laman http://facebook-redirect-info.blogspot.com/2017/06/navigator_28.html

Alamat tersebut sebenarnya merupakan sebuah blog, namun oleh pelaku disamarkan seolah-olah dari portal berita populer, inet-detik.com. Di kalangan blogger cara tersebut disebut dengan frame. Laman portal inet-detik.com itu juga palsu dan tak akan tampil. Beberaap detik kemudian akan muncul pop-up berisi pemberitahuan pemenang hadiah. Isinya kurang lebih seperti ini,

 ’’Pemberitahuan Khusus! Wow, anda pengunjung HOKI ke-48 hari ini. Selamat anda mendapatkan Rp 300.000,- Voucher Pulsa GRATIS dari DETIK.com. Untuk menerima KODE Voucher GRATIS nya, WAJIB instal aplikasi Cashtree, cuma 3 mb!’’.

Dan setelah membuka aplikasi, Anda akan secara otomatis menerima SMS yang berisi,


’’KODE Voucher Rp 300.000,- Bisa isi Pulsa ALL Operator. SEGERA INSTAL ! Hangus dalam 15 mnt. Tekan OKE/TEMUKAN, Buka Play Store >> Ada pertanyaan ? Kontak Kami melalui email [email protected] , Tidak ke pihak Cashtree. Presented by DETIK.com TRANS Media, inc. 2017 Indonesia’’

Dan beberapa detik, pop-up iti akan hilang, Anda akan dibawa ke laman instalasi aplikasi Cashtree di Google Playstore. Begitu licik sekali bukan si pelaku?

Dalam kasus itu, mereka tak hanya mencoreng nama presenter acara Mata Najwa itu namun juga mencatut dua portal besar di Indoensia. Kenapa mereka melakukan itu? Karena mereka akan mendapatkan untung dari program afiliasi penjualan aplikasi.

Maka dari itulah, sebelum berkomentar di apapun, sebaiknya Anda selidiki dulu kebenarannya. Jangan sampai jika Anda menjadi salah satu penyebab berita bohong juga tanpa disadari.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here