Maverick Vinales Sasis Baru Yamaha 'Tidak Cocok' Dengan Gaya Balapku! (1)

Melawan Marc Marquez, juara dunia tiga kali, Maverick Vinales tidak hanya harus mengandalkan kecepatan semata. Pebalap muda asal Spanyol itu juga harus membalap dengan cerdas. Pasalnya, dengan pengalamannya yang kurang, Vinales bisa jadi tidak punya strategi yang sematang Marquez.

Jika dihitung hingga race kesembilan, Maverick Vinales adalah pemenang lomba terbanyak di MotoGP 2017. Ia tercatat juara race tiga kali, bahkan lebih baik daripada Marc Marquez. Namun nyatanya, justru Marquez yang unggul lima poin darinya di klasemen. Ini menandakan, Marquez lebih cerdas mengambil poin.

Hal inilah yang menurut legenda balap 500cc, Kevin Schwantz, menjadi perbedaan besar. Vinales memang seorang pebalap yang cepat. Tapi, pengalamannya yang baru tiga musim mengarungi MotoGP, plus baru kali ini bersaing untuk memperebutkan gelar juara, bisa menjadikannya minus di depan para calon jawara lain.

Selain Marc Marquez yang sedang mengincar gelar juara keempat dalam lima tahun pertamanya di MotoGP, ada Valentino Rossi, yang menanti trofi kesepuluh. Belum lagi ada Andrea Dovizioso, yang juga unggul dalam jumlah race dibandingkan dengan Maverick Vinales.

Hasil Kualifikasi MotoGP Italia 2017 Vinales Pole, Kalahkan Valentino Rossi a

Kata Schwantz dikutip dari CNN Indonesia, “Saya menyakini Vinales punya kecepatan untuk meraih sejumlah kemenangan. Pertanyaan utamanya adalah, apakah dia mempunyai taktik balapan yang bagus seperti Rossi atau Marquez, karena mereka sudah lebih lama tampil di MotoGP daripada Vinales.”

“Pengalaman akan (berpengaruh) sangat penting. Tapi, sejak awal musim Vinales sudah menunjukkan kalau dia mampu tampil cepat dan tenang.”

Balapan MotoGP 2017 sendiri saat ini memasuki libur tengah musim. Pertarungan berikutnya baru digelar di GP Ceko pada 6 Agustus mendatang. Di sisi lain, Vinales memang harus menyelesaikan musim ini dengan penuh gaya. Mengingat dalam dua seri awal, ia mampu memetik 50 angka maksimal.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here