Lionel Messi Nomor Satu di 100 Pemain Terbaik Marca 2017, Kalahkan CR7

Lionel Messi dinobatkan sebagai sosok nomor satu dalam 100 pemain terbaik Marca 2017. Meskipun Messi adalah punggawa Barcelona dan Marca terkenal sebagai corong Real Madrid, nyatanya La Pulga mampu mengalahkan Cristiano Ronaldo.

Mana yang lebih penting untuk mengukur status pemain terbaik dunia dalam setahun? Apakah performa individual sang pemain yang luar biasa meski gelar timnya sedikit? Ataukah jumlah trofi yang didapatkan, bahkan meski performanya naik turun?

Jika itu ditanyakan kepada pengunjung situs Marca, jawaban terbanyak mengarah pada pilihan pertama. Hal ini bisa dilihat dari kemenangan Lionel Messi dalam Marca Top 100. Meskipun secara tim, Messi hanya mendapatkan gelar Copa del Rey tahun ini, dia tetap dinobatkan sebagai yang terbaik.

Pasalnya, sepanjang tahun ini Lionel Messi memang konsisten menciptakan sihir, bahkan meski Barcelona di semester pertama 2017 tampak redup. Messi meraih Sepatu Emas keempatnya dengan mencetak 37 gol di La Liga musim lalu.

Lionel Messi Nomor Satu di 100 Pemain Terbaik Marca 2017, Kalahkan CR7 3

Kemudian, secara keseluruhan, Messi mencetak 54 gol dan 19 assist dalam setahun ini. Jumlah yang hanya bisa dikalahkan oleh Harry Kane (Tottenham Hotspur) yang mengemas 56 gol. Plus, unggul satu gol dari Cristiano Ronaldo sang rival.

Sebaliknya, meski Cristiano Ronaldo meraih lima gelar bersama Real Madrid, hal itu tidak membuat pengunjung situs Marca tertarik kepadanya melebihi Messi. Padahal, gelar Liga Spanyol, Liga Champion, Piala Super Eropa, Supercopa de Espana, dan Piala Dunia Antar Klub adalah jumlah gelar terbanyak dalam setahun untuk Madrid.

Cristiano Ronaldo sendiri memenangi Ballon d’Or 2017 dan FIFA The Best 2017 sebagai puncak penghargaan individual. Plus merebut trofi Pemain Terbaik UEFA 2016-2017. Namun, kemenangan CR7 dalam tiga ajang tersebut juga bukannya tanpa kontroversi. Tidak sedikit yang menyebut, Messi lebih pantas mendapatkan Ballon d’Or tahun ini yang bakal menjadi kemenangan keenamnya.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here