Lionel Messi Raih Sepatu Emas Keempat, Samai Rekor Cristiano Ronaldo (1)

Lionel Messi resmi meraih sepatu emas keempat dalam kariernya. Ini merupakan penghargaan setelah musim 2016-2017 lalu, Si Nomor 10 Barcelona mencetak 37 gol, terbaik di Eropa. Dengan demikian, Messi kini menyamai rekor Cristiano Ronaldo sang rival abadi untuk urusan rekor Sepatu Emas Eropa.

Sepatu Emas Eropa setiap musimnya diberikan kepada top skor terbaik di seluruh liga di kontinental Eropa. Mereka yang bertarung di liga-liga elite Eropa memiliki keuntungan khusus. Dengan persaingan yang lebih ketat, dalam penilaian, jumlah gol mereka dinilai dua kali lipat dibandingkan mereka yang ada di liga-liga gurem.

Lionel Messi musim lalu mencetak 37 gol dari 34 pertandingan. Jumlah ini mengungguli para pesaing terdekat, yaitu Bas Dost (Sporting Lisbon, Portugal) dengan 34 gol, Pierre Emerick Aubameyang (Borussia Dortmund, Jerman) dengan 31 gol, danRobert Lewandowski (Bayern Munchen, Jerman) dengan 30 gol.

Bagi Messi sendiri, meraih Sepatu Emas Eropa bukanlah hal baru. Ia sudah mengukir kesuksesan serupa tiga kali, yaitu pada tahun 2010, 2012, dan 2013. Yang paling sensasional terjadi pada tahun 2013 lalu. Ketika itu Messi mampu mencetak 50 gol dalam semusim. Rekor yang tidak bisa dipecahkan siapapun termasuk Cristiano Ronaldo.

Lionel Messi Raih Sepatu Emas Keempat, Samai Rekor Cristiano Ronaldo (2)

Di sisi lain, dengan tambahan satu Sepatu Emas Eropa ini, kini Messi sejajar dengan sang rival abadi. Cristiano Ronaldo sebelumnya sudah empat kali pula mendapatkan gelar tersebut. Ia melakukannya pertama kali pada musim 2007-2008 bersama Manchester United dengan total perolehan 31 gol.

Tiga gelar Sepatu Emas lainnya, didapatkan Ronaldo setelah hijrah ke Real Madrid. Ia mendapatkannya pada tahun 2010/2011 dengan 40 gol, musim 2013/2014 dengan 31 gol sejajar dengan Luis Suarez (Liverpool), dan musim 2014/2015 dengan 48 gol, atau dua lebih sedikit dibandingkan rekor spektakuler Messi.

Musim lalu sendiri, Cristiano Ronaldo mencatatkan salah satu musim terburuknya. Ia hanya mengemas 25 gol sepanjang musim; bahkan tidak tercantum dalam 10 besar Sepatu Emas Eropa. Namun CR7 membayarnya dengan menjadi top skor Liga Champions, dengan mengalahkan Messi.

Musim ini, untuk sementara klasemen Sepatu Emas Eropa dipimpin bukan oleh Messi atau Ronaldo, tetapi oleh Ciro Immobile (Lazio) yang sudah mengoleksi 15 gol di Serie A, dan Edinson Cavani (PSG) yang memiliki jumlah gol yang sama di Ligue 1. Sementara Messi, hanya ada di urutan 10 besar dengan 12 gol.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here