Loading...
Sepakbola Uncategorized

Lionel Messi Tak Cuma Raih Pichichi, Tetapi Juga Sepatu Emas Eropa!

Lionel Messi Tak Cuma Raih Pichichi, Tetapi Juga Sepatu Emas Eropa!

Lionel Messi tidak cuma meraih gelar pichichi, tetapi juga Sepatu Emas Eropa. Torehan 37 gol yang dibukukan La Pulga menjadikannya yang terbaik di Liga Spanyol, juga seluruh daratan Eropa. Hanya ada Bas Dost (Sporting Lisbon) yang bisa mendekati Messi untuk gelar Golden Shoe.

Keberhasilan Lionel Messi mencetak dua gol dalam kemenangan Barcelona 4-2 atas Eibar pada Senin (22/5) lalu memang tidak cukup untuk membuat klub Catalan juara. Namun, Messi meraih gelar top skor Liga Spanyol musim ini. 37 gol yang dibuatnya, jauh meninggalkan pesaing terdekat, Luis Suarez sang rekan setim yang cuma mengemas 29 gol.

Selain itu, dalam perburuan gelar top skor terbaik Eropa, Lionel Messi juga menjadi jawaranya. Sebagai catatan, top skor liga-liga Eropa, atau disebut pula Sepatu Emas, didasarkan tidak hanya pada jumlah gol, tetapi juga koefisien liga yang digeluti seorang pemain. Sebagai contoh, musim inI Edinson Cavani (PSG) mencetak 37 gol.

Baca Juga:  Hasil Asian Games 2018: Timnas Indonesia vs Hong Kong 3-1, Juara Grup A

Jumlah ini setara dengan Lionel Messi. Namun PSG bermain di Ligue 1, yang tingkat kompetisinya hanya pertengahan di Eropa. Dengan demikian, gol yang dimiliki Cavani hanya dikalikan 1,5 menjadi 52,5 poin.

Lionel Messi Cetak 500 Gol Untuk Barcelona, Top Skor El Clasico Sepanjang Masa!

Sebaliknya, ada Bas Dost, bomber andalan Sporting Lisbon yang musim ini ‘hanya’ mencetak 34 gol, tiga lebih sedikit daripada Lionel Messi dan Cavani. Namun, Liga Portugal yang digeluti Sporting Lisbon tergolong dalam liga elite Eropa bersama Liga Spanyol, Italia, Jerman, dan seterusnya. Dengan demikian, poin yang dimiliki Dost adalah 68 angka, karena koefisien liganya ada di angka 2.

Dost menjadi pesaing utama Lionel Messi yang mendapatkan 74 poin. Di bawah mereka berdua ada penyerang ulung Borussia Dortmund, Pierre Emerick Aubameyang yang mengemas 31 gol di Bundesliga. Poin yang dikoleksi Auba adalah 62 poin.

Baca Juga:  David NOAH Ingin Pertahankan Rumah Tangga, Gracia Indri Ngotot Cerai

Secara lengkap daftar 10 besar Sepatu Emas Eropa adalah sebagai berikut.

1- Lionel Messi, 37 gol (Barcelona) – 74 poin

2- Bas Dost, 34 gol (Sporting, Portugal) – 68 poin

3- Pierre-Emerick Aubameyang, 31 gol (Borussia Dortmund) – 62 poin

4- Robert Lewandowski, 30 gol (Bayern) – 60 poin

5- Luis Suárez (Barcelona), Harry Kane (Tottenham), 29 gol – 58 poin

7- Edin Dzeko, 28 gol (Roma) – 56 poin

8- Dries Mertens, 27 gol  (Napoli) – 54 poin

9- Edinson Cavani, 37 gol  (PSG) – 52,5 poin

10- Cristiano Ronaldo (Real Madrid) Anthony Modeste (Koln), Romelu Lukaku (Everton), Andrea Belotti (Torino), 25 gol – 50 poin

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.