Marc Marquez Bakal Gantikan Valentino Rossi di Yamaha

Marc Marquez bisa jadi menggantikan Valentino Rossi di Yamaha. Kemungkinan ini berembus setelah kepala mekanik Repsol Honda, Santi Hernandez, menyebut, sang juara dunia empat kali berpeluang meninggalkan tim tersebut. Selain ke Yamaha, Marquez kemungkinan bisa pindah ke Ducati atau KTM.

Isu Marquez yang dihubungkan dengan Yamaha sebenarnya merupakan cerita ‘agak lama’. Sebelumnya, Baby Alien sempat nyaris dikontak oleh Yamaha menyusul kepergian Jorge Lorenzo ke Ducati, yang pengumumannya terjadi di pertengahan musim MotoGP 2018.

Namun, Yamaha batal merekrut Marquez. Dikutip dari CNN Indonesia, konon alasannya ‘sepele’, karena Valentino Rossi tidak mau ada pebalap di tim yang sama, memperoleh gaji lebih besar dari dirinya yang mencapai 12 juta Euro.

Kini situasi serba lain. Valentinpo Rossi sudah semakin tua, mencapai 38 tahun. The Doctor juga menjalani musim terburuk dalam empat tahun terakhir di MotoGP 2017, ketika ia harus puas hanya menjadi peringkat kelima, di bawah Marc Marquez, Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, dan Dani Pedrosa.

Kontrak Valentino Rossi di Yamaha bakal berakhir pada MotoGP 2018. Sepanjang awal musim depan, The Doctor akan menganalisisi apakah dirinya bakal memperpanjang kontrak, atau mengakhiri kariernya di MotoGP. Jika Rossi pergi, maka Yamaha harus mencari pebalap yang sehebat dirinya.

Dan saat ini tidak ada pebalap lain di MotoGP yang sejajar Rossi, kecuali Marc Marquez yang memenangi empat kejuaraan dalam lima musim perdana di kelas tersebut. Di sisi lain, bergabungnya Marquez ke Yamaha bakal membuat Baby Alien tetap mampu kompetitif sembari memuaskan egonya.

Jika Marquez mengikuti kata hati untuk pindah ke tim lain, ada kemungkinan dirinya bergabung ke tim-tim yang levelnya di bawah Honda. Ducati, bagaimanapun, nasibnya masih harus dipantau setahun ke depan. KTM, meski punya proyek ambisius, malah bisa mengganggu karier Marquez.

Di Yamaha, setidaknya Marc Marquez bakal punya motor yang tidak kalah dari RC213V, dan ia tetap berpeluang meraih gelar juara. Dalam kata lain, andai Marquez pindah ke Yamaha, simbiosis mutualisme akan terjadi. Masalahnya, kapan hal itu terjadi? Mungkinkah di MotoGP 2019? Atau lebih lama lagi?

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here