kolesterol tinggi

Makanan adalah salah satu penyebab penyakit gangguan jantung bertambah parah. Itu sebabnya, pihak medis pasti menganjurkan pasiennya untuk menjaga asupan makanan demi kesembuhan, atau minimal kondisi tak makin menjadi turun.

Berikut ini beberapa jenis makanan yang sebaiknya dihindari atau setidaknya diminimalisir asupannya bagi Anda yang memiliki masalah dengan jantung:

Kuning telur: kandungan kolesterol per 100 gramnya adalah sekira 1234 mg.

Hati hewan: mengandung 564 mg kalori per 100 gramnya

Trigliserin: adalah lemak jahat yang ada pada tumbuhan serta banyak diolah menjadi minyak goreng. Contohnya adalah kelapa sawit dan kelapa. Selain itu juga margarin, yang sangat tinggi trigliserin. Dianjurkan mengganti minyak goreng biasa dengan minyak zaitun.

Alkohol dalam bentuk minuman serta makanan yang mengandung alkohol semisal durian dan tape baik itu tape singkong atau tape ketan.

Makanan kalengan, apapun itu sebaiknya dihindari karena sudah melewati berbagai proses pengolahan di pabrik dan mengandung bahan kimia. Lebih baik makanan alami saja, walau rasanya tak semanis makanan kaleng yang tinggi gula dan garam.

Penderita penyakit jantung disarankan memperbanyak konsumsi buah semisal nanas, pisang, jeruk, semangka dan pepaya.

Sayuran pun sebaiknya diprioritaskan dalam menu, misalnya bayam, kangkung, kacang panjang, buncis, ketimun, wortel dan tomat segar. Dokter menyarankan setengah piring makanan yang diasup oleh pasien sebaiknya adalah sayuran.

Memperbanyak jalan kaki dan olahraga pun jadi hal yang disarankan bagi penderita gangguan jantung, namun jangan melakukan olahraga berat agar organ tubuh tersebut tidak kepayahan.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here