Michael van der Mark Tak Pantas Gantikan Valentino Rossi di GP Aragon (1)

Michael van der Mark bukanlah pilihan tepat untuk menggantikan Valentino Rossi di GP Aragon yang digelar pada Minggu (24/9) mendatang. Demikian pendapat Cal Crutchlow. Menurutnya, Yamaha sebenarnya punya opsi lain pada diri Katsuyuki Nakasuga atau Alex Lowes.

Setelah dipastikan, Valentino Rossi tidak bisa berlaga di GP Aragon akhir pekan ini, Yamaha bergerak cepat. Mereka menunjuk Michael van der Mark, pebalap WBSK (Superbike) untuk menempati posisi The Doctor. van der Mark akan menggeber motor YZR M1 bersama Maverick Vinales.

Van der Mark, pebalap Belanda berusia 24 tahun, adalah salah satu dari empat pilihan Yamaha. Selain dirinya, tim asal Jepang itu sebenarnya bisa melirik Alex Lowes atau salah satu dua pebalap Jepang, Katsuyuki Nakasuga dan Kohta Nozane.

Suara sumbang tentang penunjukan Michael van der Mark tidak datang dari internal tim. Tetapi dari Cal Crutchlow, pebalap LCR Honda. Menurutnya, Yamaha seharusnya bisa mengutamakan Lowes, atau kalau tidak, Nakasuga, dibandingkan van der Mark yang belum berpengalaman di MotoGP.

Michael van der Mark Tak Pantas Gantikan Valentino Rossi di GP Aragon (2)

Crutchlow dikutip dari Motorsport.com menuturkan, “Saya tidak tahu mengapa mereka (Yamaha) tidak menempatkan Lowes (untuk menggantikan Rossi), karena dia (Lowes) sudah mengendarai (M1).”

“Saya bisa mengerti (jika pilihannya adalah) Nakasuga, dia selalu mengendarai motor tersebut. Letakkan Nakasuga di atasnya (M1), atau pertimbangkan Lowes, karena dia mengemudikan (M1 di)  Aragon (dalam sesi latihan tahun lalu), meski dia tidak pernah berlomba.

“Tapi (Yamaha akhirnya memilih) van der Mark? Saya tidak tahu mengapa … bukan berarti saya meremehkan dirinya, tapi Anda punya dua pilihan bagus, Lowes dan Nakasuga (yang justru diabaikan).”

Cal Crutchlow punya alasan lain untuk melihat van der Mark sebagai pebalap yang tidak cocok untuk menggantikan Valentino Rossi. Menurutnya, van der Mark “tidak cukup cepat. Dia tidak secepat (Alex) Lowes di Suzuka 8 Hours.”

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here