MUI Protes Pidato Kapolri Soal Sinergitas NU-Muhammadiyah

Posted on


Pidato Kapolri Jenderal Tito Karnavian soal sinergitas NU-Muhammadiyah mendapat protes dari Majelis Ulama Indonesia. Karena organisasi lain di luar itu seolah diabaikan. Padahal juga menjadi bagian dari pendiri bangsa.


Noor Achmad selaku Sekretaris Umum Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia mengatakan meskipun NU dan Muhammadiyah adalah yang terbesar, namun ormas-ormas lain juga tidak boleh diabaikan begitu saja.


“Saya ini mempunyai anggota sejumlah 71 ormas, yang terbesar itu NU dan Muhammadiyah. Tapi yang lain juga ormas tingkat nasional. Sehingga jangan diabaikan, karena mereka ini juga punya massa, punya masyarakat, punya anggota dan juga punya umat,” kata Noor di Komplek Parlemen, Rabu (31/1/2018).


Wakil Ketua Komisi VIII DPR itu menilai bahwa kemungkinan Tito ingin menyederhanakan, mengingat NU dan Muhammadiyah adalah yang terbesar. Kendati demikian, ormas-ormas lain tidak dapat dipisahkan karena juga jadi bagian Indonesia.


“Saya kira untuk menggampangkan perwakilan dari sebuah ormas Islam beliau menyebut NU dan Muhammadiyah. Tetapi kalau itu dianggap sebagai satu perwakilan dari keseluruhannya itu tidak bisa,” kata dia.(nug/rot)

Loading...

Sampaikan Pendapat