Oyong Atau Gambas, Sayur Enak Bernutrisi yang Sayang Dilewatkan

Posted on

gambas

Masyarakat mengenal sayuran ini sebagai oyong atau gambas. Sekilas tampilannya memang kurang menarik, namun jika sudah diolah maka rasanya yang lezat baru terungkap. Biasanya kaum ibu memasaknya menjadi bahan sayur bening atau sop sayuran.

Tak disangka, oyong ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan dan kecantikan tubuh lho. Jika Anda belum mengetahui, yuk simak apa saja khasiat yang dapat diperoleh dengan konsumsi sayur enak ini.

Dilansir laman drhealthbenefit.com, Sabtu (3/2/2018) kandungan serat pada oyong baik bagi pencernaan. Ada pula zat mineral riboflavin, thiamin, seng, besi, mangan dan magnesium.

Dalam bahasa India, oyong disebut juga luffa acutangula, turiya, beerakai, dodka sponge labu atau okra cina. Sayur ini termasuk tumbuhan merambat yang banyak dijumpai di Asia, Afrika, Timur tengah sampai Amerika Serikat.

Mengonsumsinya secara rutin akan menurunkan risiko kanker, obat diabetes sebab ia menurunkan gula darah, membantu fungsi otak, sehatkan jantung, atasi sembelit, sehatkan mata, cegah anemia, juga meningkatkan kekebalan tubuh.

Untuk kecantikan labu ini juga baik dalam mencegah munculnya jerawat, menghidrasi kulit sebab ia juga mengandung banyak cairan, dan membersihkan darah. Dengan begitu kulit Anda akan terasa lebih lembut.

Mengonsumsi oyong juga bisa mencegah peenuaan dini, karena ia mengandung vitamin A, B, dan C serta antioksidan.

Tak hanya itu, jika ada infeksi pada kulit atau tubuh maka konsumsi oyong juga bisa meembantu menyembuhkannya.

Loading...

Sampaikan Pendapat