Home / Berita / PAN Dibukakan Pintu Lebar PDIP untuk Keluar dari Koalisi Pemerintahan!

PAN Dibukakan Pintu Lebar PDIP untuk Keluar dari Koalisi Pemerintahan!

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto


Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Per?juangan (PDIP), Hasto Kristiyanto mengatakan, pihaknya mempersilahkan kepada Partai Amanat Nasional (PAN) bila ingin keluar dari koalisi pemerintahaan saat ini.


Terkait dengan pernyataan yang telah disampaikan oleh Hasto ini, setelah Dewan Kehormatan PAN Amien Rais meminta kepada partainya untuk segera menarik para kadernya yang ada di dalam pemerintahan.


“Tentu saja PDIP serahkan kepada kedaulatan partai politik (PAN) tersebut,” kata Hasto di DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta, Rabu (26/7/17).


Meski begitu, Hasto menjelaskan, pihaknya juga berharap kepada partai berlogo matahari tersebut untuk tetap berada di koalisi pemerintahan. Hal ini dimintanya agar tetap bisa membantu Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam menjalankan roda pemerintahan.


“Karena kerja sama dalam pemerintahan dilakukan dengan visi yang sama terhadap pemerintahan,” pungkasnya.


Sebelumnya, Amien Rais meminta kepada PAN untuk segera melakukan penarikan para kadernya dari koalisi pemerintahan Presiden Jokowi. “Pokoknya saya usul supaya Asman Abnur segera keluar dari kabinet. Titik,” ujarnya, Minggu (23/7/17).


Hasto Kristiyanto (1)

Copyright ©kabarin.co

Permintaan untuk penarikan kadernya yang telah dinyatakan Amien Rais ini dikarenakan adanya ketidaksepahaman yang telah terjadi. Seperti halnya terkait dengan ambang batas pencalonan presiden atau presidensial threshold dan UU Pemilu.


Karena pada saat sidang paripurna yang telah dilangsungkan oleh jajaran angota DPR beberapa waktu lalu, memutuskan untuk ambang batas pencalonan Presiden atau presidensial threshold sebesar 20-25 persen.


Dalam rapat paripurna tersebut, PAN bersama dengan tiga partai non-pemerintah, yaitu Gerindra, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), dan Demokrat memilih untuk keluar dari ruang rapat atau walkout. Sehingga dengan itu, partai tersebut telah dianggap berseberangan sikap dengan pemerintah dan koalisi pendukungnya.


Sekarang ini, ada dua kader dari PAN yang masih berada di koalisi pemerintahan, diantaranya Soetrisno Bachir yang dipercaya sebagai Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) dan Menteri Pendayagunaan Aparatus Negara dan Reformasi (PAN RB) Asman Abnur.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

About Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *