parkir robot

Jika sedang repot dan enggan mencari tempat parkir untuk memarkir kendaraan roda empat Anda, maka biasanya di beberapa restoran atau hotel telah disediakan petugas valet yang membantu mengerjakannya.

Di negara-negara dengan populasi kendaraan sangat banyak dan lahan parkir minim, mencari parkiran bisa menghabiskan banyak waktu. Kadang malah pengemudi harus berebut dengan pengguna lain yang juga akan memarkir kendaraan mereka.

Menyikapi masalah tersebut, sebuah perusahaan start up Prancis bernama Stanley Robotics menciptakan sebuah robot parkir yang bisa memarkir mobil sendiri tanpa bantuan supir. Robot tersebut diberi nama Stan.

Dari laman Techcrunch, cara kerja Stan sebenarnya sangat sederhana yakni dengan menjepit keempat roda mobil dan mengangkatnya ke lokasi parkir. Jadi mobil bisa ditinggal oleh pemiliknya dalam kondisi terkunci dan Stan tetap bekerja memarkir ke lokasi yang kosong.

Walau diklaim sebagai penemuan baru, namun sebenarnya cara parkir yang praktis ini sudah diadopsi oleh bandara Charles-de-Gaulle di Paris, Prancis. Disana sistem parkir sudah menggunakan jasa robot sehingga pemilik kendaraan lebih dimudahkan jika sedang mengejar waktu terbang.

Ide yang bagus untuk mengurangi keruwetan mencari lokasi parkir terutama bagi orang yang baru belajar mengendarai kendaraan dan belum pandai bermanuver memarkir mobil di lahan sempit.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here