Pemilu 2019 Jumlah Anggota PPK Dipangkas

Posted on

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta Sumarno memastikan jumlah anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) pada Pemilu 2019 akan dipangkas. Dari sebelumnya lima orang menjadi tiga orang.

“Jumlah PPK dan PPS yang bertugas nanti tidak sama dengan yang bertugas untuk penyelenggaraan pemilu yg lalu. Karena jumlahnya akan dikurangi,” ungkap Sumarno saat menerima kunjungan dari Lembaga Hikmah dan Kebijakan Publik PW Muhammadiyah DKI Jakarta di kantor KPU Prov DKI Jakarta ,Jl Salemba Raya Jakarta Pusat, Sabtu (3/2/2018).


Pengurangan jumlah PPK dan PPS itu, kata dia, didasarkan pada Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu 2019.



Mengenai kenapa jumlahnya dikurangi, menurut Sumarno bukan kewenangan KPU. Tapi, hal tersebut keputusan parlemen.


“Silahkan tanya langsung kepada DPR,karena DPR lah yang membuat Undang Undangnya,” ujar dia.


Namun, kata Sumarno, untuk mengatasi minimnya jumlah personil di lapangan, KPU Provinsi DKI Jakarta telah meminta gubernur DKI Jakarta untuk menempatkan 2 orang personil PPSU di tingkat kecamatan dalam rangka membantu tugas tugas PPK. Selain itu meminta tambahan 3 orang PNS di tingkat kecamatan yang akan membackup tugas tugas administrasi.(jar/rot)

Loading...

Sampaikan Pendapat