Home / Berita / Pengacara Fredrich Protes Hakim Beri Tempat Bagi Kurir KPK

Pengacara Fredrich Protes Hakim Beri Tempat Bagi Kurir KPK

Kurir KPK (kanan) dipersialan duduk oleh majelis hakim di PN Jakarta Selatan. Pengacara Fredrich Yunadi protes.

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) memutuskan tidak hadir dalam sidang perdana praperadilan yang diajukan oleh Fredrich Yunadi, Senin (5/2/3018) di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan.


Ketidakhadirannya disampaikan oleh salah seorang petugas KPK yang hadir dalam persidangan yang dipimpin oleh Hakim Ratmoho.


“Saya ditugaskan oleh KPK untuk memberikan surat ketidakhadiran,” kata petugas KPK kepada hakim Ratmoho di PN Jaksel, Senin (5/2/2018).


Hakim Ratmoho akhirnya memberi kesempatan kepada petugas tersebut untuk duduk di kursi sebalah kiri dari hakim. Hakim Ratmoho menjelaskan bahwa dirinya tidak mempunyai hak untuk menerima surat tersebut, sehingga dia menyarankan agar petugas tersebut memberikan surat ke bagian administrasi PN Jakarta Selatan.


“Kalau surat, kami entah itu hakim ataupun majelis, tidak memiliki kuasa untuk menerima, jadi silahkan diserahkan suratnya ke bagian humas dan bagian hukum dan di situ nanti akan didisposisi kepada hakim ketua yang bersangkutan,” ujar Ratmoho.


Menanggapi peristiwa tersebut, kuasa hukum Fredrich Sapriyanto Reva mengkritisi sikap hakim yang mempersilakan petugas tersebut untuk duduk di kursi yang seharusnya ditempati oleh KPK.


“Hakim juga tadi keliru, mestinya karena dia bukan pihak, dia gak boleh duduk di situ. Jadi bila ada yang berkaitan dengan administrasi, selesaikan di bagian administrasi. ini kan dipersilakan duduk di situ artinya sederajat dengan kami, itu gak boleh mestinya tapi karena itu kewenangan hakim ya sudahlah ini sudah terjadi,” kata Reva.


Reva berpendapat apabila petugas tersebut duduk dikursi yang seharusnya diduduki oleh KPK, maka seharusnya persidangan tetap dilanjutkan karena petugas tersebut dinilai sebagai representasi dari kehadiran KPK. (wap)

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

About Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.