Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo beberapa kali memang dikabarkan akan maju dalam Pilpres 2019.

Beberapa mengatakan bahwa Gatot akan mencalonkan dirinya sebagai Presiden RI. Namun, tak sedikit pula yang menyatakan bahwa Gatot akan menjadi wakil Joko Widodo (Jokowi). Begitu pula dengan Partai NasDem.

Tak lama setelah UU Pemilu disahkan, Partai NasDem mengatakan bahwa Gatot akan mendampingi Jokowi pada Pilpres 2019 nanti. Terlebih, masa jabatan Gatot akan berakhir Maret 2018 nanti.

Tak cuma NasDem, Pengamat Komunikasi Politik dari Universitas Paramadina Hendri Satrio juga berpendapat serupa. Menurutnya, duet antara Jokowi dan Gatot akan jadi yang terkuat dalam Pilpres 2019.

“Gambaran penggabungan pasangan ini sudah terlihat sejak tidak adanya larangan dari Jokowi terhadap manuver yang dilakukan oleh Gatot selama ini,” tutur Hendri, Jumat (21/7/2017), dilansir tribunnews.com.

Meski begitu, ada kemungkinan kedua tokoh besar ini tak akan jadi pasangan. Bisa saja, Gatot akan maju sebagai calon presiden menghadapi Jokowi di Pilpres 2019/

Namun, Direktur Eksekutif Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI) ini menegaskan bahwa ada banyak calon kandidat yang bakal mendampingi Jokowi nanti.


Bukan hanya Jusuf Kalla (JK), Ketua Umum NasDem Surya Paloj. Kepala Bappenas dan ahli ekonomi Bambang Brodjonegoro atau Rizal Ramli, juga berkesempatan untuk mendampingi Jokowi di Pilpres 2019.

“Pun tokoh Islam seperti Gubernur NTB, TGB Zainul Majdi, atau Ketua MPR, Zulkifli Hasan sangat layak mendampingi Jokowi di 2019 kelak,” lanjutnya.

Sementara itu, Politikus NasDem, Teuku Taufiqhaldi menuturkan bahwa ada kemungkinan JK tak akan lagi ikut dalam gelaran Pilpres mendatang. Meski begitu, NasDem tengah mencari pendamping terkuat untuk Jokowi yang setara dengan JK.

“Sejauh ini, di mata kami, yang cukup baik adalah Pak Gatot Nurmantyo, yang menjabat sebagai Panglima TNI sekarang,” tegasnya.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here