gunung semeru

Ada peraturan baru bagi Anda yang ingin mendaki Gunung Semeru, yakni melakukan pendaftaran online terlebih dahulu. Jika tidak, maka siap-siap pulang dengan kecewa walau Anda sudah sampai di pintu gerbangnya.

Mulai kapan peraturan tersebut diberlakukan? Oh, tenang saja sebab pihak Taman Nasional Bromo Tengger Semeru baru mensosialisasi peraturan tersebut.

Secara resmi baru tanggal 1 Oktober 2017 diterapkan bagi pendaki gunung yang berada di Jawa Timur tersebut. Setelah mendaftar online barulah Anda diberikan Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi (Simaksi) Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Setelah waktu yang ditetapkan tersebut, pendaftaran manual tidak lagi diberlakukan.

“Kami tidak melayani (pendaftaran) pendakian secara manual, kecuali untuk pendaki mancanegara atau luar negeri masih ada kebijakan atau dispensasi pendaftaran manual,” kata Sarif Hidayat, Kepala Sub Bagian Data Evaluasi Pelaporan dan Humas TNBTS, Sarif Hidayat, seperti dilansir Kompas Travel.

Pendaftaran online sebenarnya sangat memudahkan pendaki, karena bisa bersiap sebelum melakukan perjalanan. Satu kali daftar Anda bisa menyertakan 3-10 nama pendaki lainnya yang masuk rombongan Anda.

Cukup mengunjungi situs website Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, lakukan pendaftaran dan ada biaya masuk yang harus Anda bayarkan. Setelah melakukan pembayaran di bank yang ditunjuk, maka bukti pembayarannya jangan sampai hilang.

Bawa bukti pembayaran dan kartu identitas diri saat hendak mendaki ke Gunung Semeru, juga surat keterangan sehat dokter juga surat izin orang tua bagi yang belum berusia 17 tahun.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here