manikur pedikur

Peralatan manikur dan pedikur di salon yang digunakan secara bergantian oleh banyak orang, dapat menjadi salah satu sebab penularan penyakit hepatitis. Penyakit tersebut diawali dengan peradangan pada organ hati atau liver, yang jika dibiarkan bisa menjadi fibrosis, atau sirosis dan kanker hati.

Penyebab utama penyebaran hepatitis adalah virus, yang terjadi akibat bersama-sama memakai barang sehari-hari. Virus makin mudah menyebar jika peralatan digunakan untuk kepentingan orang banyak, misalnya di salon.

Penjelasan tentang penularan hepatitis juga diungkap oleh Medical Executive PT Kalbe Farma Tbk dr. Olivia Ekaputri. Menurutnya, wanita yang kerap melakukan perawatan manikur pedikur di salon rentan tertular virus hepatitis.

“Penggunaan alat manikur pedikur di salon bisa menjadi media penularan hepatitis,” jelas dr Olivia, seperti dilansir laman Viva.co.id.

Umumnya proses pensterilan alat-alat tersebut kurang sempurna sehingga beberapa jenis virus penyakit masih ada dan rentan menulari orang lain yang sehat.

“ketika ada luka-luka sangat kecil itu kita tak sadar. Misalnya sebelum digunakan oleh kita, peralatan itu digunakan oleh penderita hepatitis, yang kemungkinan ada noda darah yang tertinggal tanpa sengaja,” jelasnya.

Darah yang tertinggal walau sedikit kemungkinan membawa virus penyakit hepatitis yang menular. Sebab itu ia menyarankan untuk waspada, dan tak berbagi barang-barang pribadi semisal sikat gigi, alat cukur, gunting kuku, silet, dan lainnya. Mencegah lebih baik dari pada mengobati bukan?

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here