Meskipun berstatus sebagai tahanan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), posisi Setya Novanto sebagai Ketua Umum Partai Golkar masih aman. Rapat Pleno Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar memutuskan mempertahankan Setya Novanto baik sebagai ketua umum partai atau pun sebagai Ketua DPR RI.

Seperti diwartakan kompas.com, Golkar bersepakat untuk menunggu hasil sidang prapreadilan yang saat ini tengah ditempuh Oleh Setya Novanto untuk melawan KPK.

Menurut Ketua Harian Partai Golkar Nurdin Halid, keputusan untuk mempertahankan Setya Novanto merupakan hasil pertimbangan dari opini masyatakat.

“Kita telah berhasil merumuskan konsep kesimpulan untuk menjadi keputusan rapat dengan menggabungkan pendekatan hati nurani dan perasaan serta opini publik,” kata Nurdin saat membacakan putusan rapat di Kantor DPP Partai Golkar, Jakarta, Selasa (21/11/2017).

Disamping itu, Nurdin mejelaskan jika apa yang diputuskan tersebut juga memperhatikan suasana batin dari Setya Novanto yang kini sedang dibelit kasus dugaan korupsi pengadaan e-KTP.

“Pertama, menyetujui Idrus Marham sebagai Plt Ketua Umum sampai adanya putusan praperadilan,” kata Nurdin.

Kalau dikemudian hari Setya Novanto berhasil memenangkan praperadilan, maka jabatan Ketum Partai Golkar akan dikembalikan kepada polisiti yang lahir di Bandung tersebut. Namun jika kemudian gugutan Setya Novanto ditolak, maka pria yang pernah juga terbelit perkara ‘papa minta saham’ itu diminta untuk mengundurkan diri.

“Posisi Setya Novanto sebagai Ketua DPR menunggu putusan praperadilan,” tutup Nurdin.

Sebelumnya, salah satu kader Partai Golkar Yorrys Raweyai menilai perlu adanya pergantian ketua umum agar partai tersebut bisa memperbaiki citra.


“Jadi berhentikan Setya Novanto dari jabatan sebagai ketua umum, sehingga Golkar bisa menentukan langkah, strategi dalam rebound dan branding ke depan,” kata Yorrys usai bertemu dengan Ketua DPD Oesman Sapta Oedang di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Selasa (21/11/2017), dikutip dari liputan6.com

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here