Pilkada Serentak 2018 Jokowi Ajukan 4 Permintaan

Posted on


 Sebanyak 171 daerah dengan rincian 17 provinsi, 39 kota dan 115 kabupaten akan menggelar pilkada serentak pada 2018. Jadwal pemungutan suara sudah ditetapkan pada 27 Juni 2018.


Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan dalam menyambut pesta demokrasi yang digelar secara bersamaan itu. Presiden Joko Wdido mengajukan empat permintaan.


Pertama, konsolidasi demokrasi agar partisipasi politik mengalami peningkatan. “KPU sudah mencanangkan mulai 2015 sebesar 70 persen kira-kira, 2017 sudah mencapai 74 persen,” ujar Tjahjo dalam acara ‘Deklarasi Tolak dan Lawan Politik Uang dan Politisasi SARA untuk Pilkada 2018 Berintegritas’ di Hotel Royal Kuningan, Jl Rasuna Said, Kuningan, Jakarta Selatan, Sabtu (10/2/2018).

Baca Juga:  Video Anak Muda Pongah Ancam Tembak Jokowi Viral di Sosial Media

Untuk Pilkada kali ini, ungkap Tjahjo karena hampir berbarengan dengan pileg (Pemilihan Legislatif) dan pilpres (Pemilihan Presiden) maka tingkat partisipasi politiknya ditargetkan di atas 78 persen.


Permintaan kedua, kata Tjahjo, ketegasan menolak dan melawan politik uang. Karena tujuan dari pilkada adalah mencari pemimpin yang dinilai mampu memegang amanah dan bekerja untuk rakyatnya.


Ketiga adalah mencari atau memilih pemimpin daerah yang amanah, yang mampu menyerap, mengorganisir, menggerakkan masyarakat di daerahnya untuk percepatan pemerataan pembangunan dan kesejahteraan rakyat. Jadi yang dikembangkan adalah calon kepala daerah yang bisa beradu program, konsep dan gagasan.


Keempat adalah menghindari dan memerangi politik Sara dan fitnah. Karena isu Sara dan fitnah adalah racun dalam kehidupan demokrasi.

Baca Juga:  Setelah Dipenjara, Ahok Kini Lebih Irit Bicara

“Mari kita lawan dan hindari politik berbau fitnah, politik atau kampanye berbau SARA dan berbau ujaran kebencian,” ucap Mendagri.


Acara ‘Deklarasi Tolak dan Lawan Politik Uang dan Politisasi SARA untuk Pilkada 2018 Berintegritas’ diisi dengan kesepakatan menempelkan telapak tangan yang telah dilumuri cat ke kain putih polos. Masing-masing perwakilan partai politik turut serta dalam aksi ini. (rot)

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.