Loading...
Berita

Polisi Pastikan Video Latihan PKI Hoax


Polisi memperingatkan masyarakat untuk tidak terpancing dengan informasi bohong, berita palsu yang juga disebut hoax. Karena baru-baru beredar video latihan PKI yang menampilkan wajah-wajah seperti orang Indonesia berlatar pegunungan, yang tidak asing bagi masyarakat Indonesia. Video yang aslinya terjadi di Filipina itu dipastikan hoax


“WASPADA HOAX !! Beredarnya video PKI latihan adalah Hoax, foto foto dalam berita tsb merupakan Screenshot dari video tentang NPA (NEW PEOPLE ARMY) Filiphina,“tulis twitter Humas Polda Metro Jaya, Kamis (22/2/2018).


Sebelumnya beredar video soal latihan PKI. Dalam video itu diperlihatkan ada sekelompok tentara yang sedang bergerilya di tengah hutan. Di antara mereka terlihat bendera palu artit sebagai lambang Partai Komunis.


Video itu menampilkan wajah-wajah seperti orang Indonesia. Video itu dibubuhi sebuah caption yang seakan-akan itu adalah peristiwa di Indonesia, misalnya, ditulis dengan judul “Keturunan PKI, Baik Anak-Anak maupun Wanita, Akan Dilatih untuk Perang”.


Padahal berdasarkan penelusuran polisi video di atas hanyalah informasi hoax. Peristiwa yang direkam bukan berada di Indonesia. Foto dan video itu merupakan aktivitas komunis di Filipina. Foto aslinya dipotret oleh seseorag yang bernama Dondi Tawatao, jurnalis foto dari Manila, dan dipublikasikan situs Getty Images.


Foto itu menggambarkan sebuah peleton pejuang gerilya dari Komando Daerah Chadli Molintas saat memperingati ulang tahun ke-48 Tentara Rakyat Baru (NPA) yang merupakan sayap bersenjata Partai Komunis Filipina (CPP). Saat itu mereka mengadakan acara di sebuah kamp di dataran tinggi tersembunyi di Filipina, 2 April 2017 silam. (rot)

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Sampaikan Pendapat

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.