Puspenerbad Tambah Dua Heli Serbu Jenis Bell-412 untuk Skadron 13/SerbuSkadron 13/Serbu yang bermarkas di Bandar Udara Internasional Kalimarau, Kabupaten Berau segera mendapat tambahan armada baru. Dua helikopter tempur jenis Bell 412 bakal mendarat pada Oktober 2017.



Adanya tambahan dua unit helikopter secara keseluruhan saat ini ada lima unit di Skadron 13/Serbu Pusat Penerbangan TNI AD (Puspenerbad). Penambahan alutsista ini didatangkan untuk mendukung kekuatan pengamanan di Kaltim.


Sesuai spesifikasinya, helikopter jenis Bell 412 memiliki kemampuan bisa membawa satu personel regu beserta kelengkapan perang. Jenis helikopter ini juga ideal difungsikan sebagai armada tempur TNI AD.


“Untuk tanggal pastinya dua unit Bell 412 tersebut kemungkinan sudah mendarat di atas tanggal 5 Oktober ini. Dan ini merupakan bukti nyata, kalau Skadron kita benar-benar memiliki kekuatan tempur yang luar biasa,” ungkap Dandim 0902/Trd, Letkol Rony Nuswantoro Hadi kepada Koran Kaltim, Rabu (13/9) di ruang kerjanya.


Skadron 13/Serbu sudah beroperasi sejak semester I tahun 2016 lalu. Sejak diresmikan, Skadron 13/Serbu dilengkapi tiga unit helikopter yang didukung 312 prajurit TNI AD. Skadron ini diresmikan pada 25 Agustus 2016.


Sejak diresmikan, hingga kini sudah terjadi penambahan kelengkapan. Skadron Puspenad membangun fasilitas sendiri. Saat ini sudah ada perkantoran, mess prajurit, hanggar dan sekarang akan membangun perumahan.


Karena personil yang akan menempati pangkalan ini cukup banyak, termasuk teknisi helikopter, teknisi persenjataan dan lain sebagainya.


Satuan Skadron ini menyerupai Batalyon atau memiliki satuan sendiri, namun untuk personel yang ditempatkan hanya sepertiga dari jumlah personel batalyon.


Panglima Daerah Militer (Pangdam) VI/Mulawarman, Mayjen Johny Lumban Tobing saat meresmikan satuan tempur udara ini menyatakan standar armada yang dimiliki nantinya sekitar 32 unit.


Tapi, Rony mengaku untuk kepastian unit alutsista skadron secara keseluruhan sejauh ini masih terus diperhitungkan hingga mencapai jumlah ideal.


“Berapa banyak personel yang ada, saya tidak mengetahui jelas, Skadron kan memiliki komandan sendiri. Kami juga belum tahu jumlah helikopter yang akan di tempatkan di sini (Berau), yang jelas ada jenis helikopter Bell yang nantinya akan datang terlebih dahulu,” pungkasnya.


Sedianya dua alutsista tambahan untuk Skadron 13/Serbu sudah tiba pada Juli lalu. Kedatangannya tertunda lantaran diperbantukan untuk mendukung kekuatan TNI AD pada peringatan HUT TNI yang dipusatkan di Banten.


Jika melihat fungsi jenis helikopter yang akan tiba, pastinya untuk mendukung tugas pokok TNI AD. Tapi dengan kondisi saat ini, helikopter akan difokuskan untuk mendukung pergerakan pasukan pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-Malaysia di Kaltim.


Sumber : www.korankaltim.com

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here