serabi notosuman

Jajan pasar yang satu ini, serabi ala Notosuman di Kota Solo, sering bikin kangen mereka yang pernah mencicipinya. Bagaimana tidak, tekstur serabinya yang empuk dengan pinggiran tipis bak renda, sangat menggugah selera. Ditambah dengan kuah gula merahnya yang manis dan gurih, siapa tidak tergoda?

Jika tak sedang berada di Solo, bolehlah Anda mencoba membuat sendiri jajan pasar ini di rumah dengan resep sederhana berikut.

Bahan kue:

¼ kg tepung beras putih

70 gram gula putih/pasir

1 sachet ragi

600 cc cantan kental

Daun pandan secukupnya

Garam seujung sendok teh

1 buah telur ayam dikocok dengan garpu saja hingga tercampur rata

Bahan saus:

1 gelas santan kental, rebus bersama garam secukupnya hingga mendidih sambil terus diaduk. Matikan api. Ini nanti akan dihidangkan dengan cara dituang ke atas serabi.

Topping: coklat meisis atau keju parut

Cara membuat kue serabi:

Rebus santan kental bersama garam dan potongan daun pandan dengan api kecil. Aduk-aduk hingga mendidih agar tidak pecah santan. Setelah mendidih, matikan api dan diamkan hingga dingin.

Dalam mangkuk besar tuang tepung beras, gula dan ragi. Kemudian masukkan santan sedikit, aduk rata agar tak menggumpal. Masukkan seluruh santan agar adonan lebih cair. Sisihkan selama 1 jam agar raginya dapat tumbuh.

Siapkan wajan kecil, wajan tebal yang biasa digunakan untuk membuat serabi. Panaskan.

Oles permukaan wajan dengan minyak sayur tipis-tipis saja.

Tuang adonan serabi sebanyak satu sendok besar (sendok sayur) ke wajan. Untuk memberi efek renda atau pinggiran yang tipis, tekan bagian bawah sendok sayur ke adonan, lalu lepaskan.

Api kompor sebaiknya gunakan yang paling kecil. Jika bagian tengah kue serabi sudah mulai muncul lubang-lubang kecil, taburi dengan topping meisis atau keju.

Tutup wajan agar bagian atas kue menjadi kering.

Jika kue telah matang atau kecoklatan, angkat dan sisihkan.

Lakukan pada seluruh adonan. Selamat mencoba membuat sendiri serabi Notosuman ala Solo.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here