wedang kunyit

Kunyit adalah rempah alami yang paling banyak digunakan untuk bahan pembuatan jamu tradisional. Efek farmakologi kunyit besar bagi kesehatan, termasuk salah satunya untuk menambah nafsu makan atau selera makan anak dan orang dewasa.

Dengan bahan aktif kurkumin yang ada pada kunyit, ia mampu meningkatkan jumlah antioksidan dalam tubuh. Selain itu, juga meningkatkan sistem imun dan membantu menormalkan tekanan darah.

Penyakit seperti diare ringan pun dapat berkurang gejalanya dengan konsumsi sari kunyit. Demikian pula gejala sakit pencernaan, lambung, rematik, bahkan berbagai masalah peradangan yang terjadi, dan asma atau usus buntu.

Untuk mereka yang kurang nafsu makan, misalnya anak-anak, dr. Prapti Utami Msi membagikan resep cara pembuatan ramuan kunyit penambah nafsu makan untuk para orang tua.

Dengan minum ramuan tersebut, maka enzim pencernaan dapat meningkat dan hasilnya anak lebih sering lapar. Selain itu, kandungan zat antiseptik pada kunyit akan membuat daya tahan anak terhadap penyakit lebih besar.

Cara membuat ramuan penambah nafsu makan berbahan kunyit: bersihkan 2 jari kunyit, lalu parut atau haluskan dan ambil sarinya. Minumkan pada anak sebelum tidur setiap malam. Beri sedikit garam agar rasa sepatnya hilang.

Cara lain: bersihkan 2 jari kunyit, lalu memarkan. Rebus dengan 1,5 gelas air sampai mendidih dengan api kecil, biarkan 10 menit dan matikan api. Minumkan pada anak dalam kondisi hangat, dengan menambahkan madu.

Selamat mencoba.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here