Resep Telor Ceplok Bumbu Kuning Yang Menggugah Selera

Posted on
telor bumbuResep Telor Ceplok Bumbu Kuning Yang Menggugah Selera
Resep Telor Ceplok Bumbu Kuning Yang Menggugah Selera

Telor Ceplok Bumbu Kuning yang Sehat dan Enak

Telor ceplok sangat praktis untuk sajian bagi keluarga. Namun menu berprotein tersebut tidak hanya bisa dikonsumsi begitu saja lho, melainkan dapat juga dikreasikan dengan macam-macam bumbu. Rasanya sudah pasti sedap dan menggugah selera, seperti telor ceplok bumbu kuning pedas ini misalnya.

Cara buatnya pun mudah dan cepat, namun dapat menambah selera makan. Anda bisa menyajikannya untuk sarapan, makan siang atau makan malam bagi seluruh keluarga.Berprotein tinggi, tidak mahal dan mudah mengolahnya. Tertarik mencoba? Berikut ini resepnya:

Bahan-bahan:

½ kg telur, goreng satu per satu menjadi telor ceplok. Beri sedikit garam agar tidak hambar. Sisihkan.

Bumbu dihaluskan:

7 siung bawang merah, kupas

4 siung bawang putih, kupas

4 buah kemiri, bakar sebentar

1 potong jahe

2 cm kunyit, bakar sebentar

Garam secukupnya

Bahan tambahan:

1 lembar daun salam

1 cm lengkuas

1 batang sereh

3 cabai merah, rajang halus

Air secukupnya

Bubuk kaldu secukupnya jika suka

Cara memasak telor ceplok bumbu kuning:

Tumis bumbu halus hingga wangi dengan sedikit minyak, masukkan bahan tambahan pelengkap, beri sedikit air. Biarkan hingga mendidih sambil sesekali diaduk.

Masukkan telor ceplok, biarkan hingga bumbu meresap pada telor. Matikan api.

Baca Juga:  Hati-hati, Empat Zodiak Ini Bisa Menjadi Sangat Romantis

Telor ceplok bumbu kuning siap dihidangkan bersama sepiring nasi hangat dan taburan bawang merah goreng. Selamat mencoba.

Mau resep lezat yang lain? Coba 2 resep andalan berikut ini:

Resep Bandeng Krispi Goreng Kering Yang Nikmat

Walau Lezat Namun Hidangan Ini Terlarang Untuk Buka Puasa

Meskipun sederhana tapi tak kalah dengan Telor Ceplok Bumbu Kuning loh.

Manfaat Telur Bagi Kesehatan Tubuh

Menurut ahli gizi, sebaiknya kita membeli telur organik bila ingin mengonsumsinya. Tapi kita perlu memperhatikan telur tersebut harus bebas dari antibiotik, vaksin, dan suntik hormon.  Tidak hanya di putih telur saja. Pada kuning telur juga terdapat kolin,  nutrisi yang dapat melawan lemak. Berikut ini adalah 5 manfaat telur bagi kesehatan tubuh kita:

1. Meningkatkan sistem imun. Telur dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita. Satu telur besar mengandung nutrisi yang membantu mendukung sistem kekebalan tubuh. Telur juga mengantur hormon tiroid pada tubuh kita. Telur sebenarnya sangat dibutuhkan oleh anak-anak. Hal ini menjaga terserang dari keshan disease and kashin-Beck disease. Dua kondisi yang dapat mempengaruhi hati, tulang, dan sendi.

2. Meningkatkan profil kolestrol. Sebelumnya, kolestrol terdiri dari dua jenis. Yaitu HDL (baik) dan LDL (jahat). Satu telur besar mengandung  212 mg kolestrol. Tapi bukan berarti telur akan memberikan dampak buruk bagi tubuh. Telur juga dapat meningkatkan profil kolestrol pada tubuh kita. Telur  meningkatkan HDL sambil meningkatkan ukuran partikel LDL.

Baca Juga:  Suka Pakai Kipas Angin Saat Tidur, Ketahui Efeknya

3. Mengurangi risiko penyakit jantung. Kolestrol LDL dikenal dengan kolestrol “buruk”. Hal ini dikarenakan partikel LDL mengirim molekul lemak mereka ke dalam dinding arteri. Sedangkan HDL, dapat menghapus molekul lemak dari dinding arteri. Namun, tidak semua ukuran partikel LDL sama dalam tubuh. Partikel LDL yang besar baik untuk tubuh kita. Studi menunjukkan, orang yang memiliki partikel LDL yang kecil, memiliki risiko penyakit jantung yang lebih tinggi, dibandingkan orang-orang yang memiliki partikel LDL yang besar.

4. Kulit dan rambut akan terjaga. Telur mengandung vitamin B kompleks. Vitamin ini berguna untuk menjaga kesehatan kulit, rambut, mata, dan hati. Selain vitamin B2, telur juga kaya akan B5 dan B12. Mereka membantu untuk memastikan fungsi yang tepat dari sistem saraf.

5. Melindungi otak. Di dalam telur terdapat nutrisi yang disebut kolin. Ini adalah komponen dari membran sel dan diperlukan untuk mensintesis acetylcholine, neurotransmitter. Penelitian menunjukkan bahwa kurangnya kolin dikaitkan dengan gangguang neurological dan penurunan fungsi kognitif.

Frasa Pencarian:

  1. gosip terbaru nathasa wilona
Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.