Loading...
Berita

RKHUP Berwatak Pemenjaraan, Puluhan LSM Geruduk DPR


Sejumlah elemen masyarakat yang menamakan diri Aliansi Masyarakat Sipil Tolak RKUHP menggelar unjuk rasa di halaman Gedung DPR. Aliansi yang melibatkan puluhan LSM tersebut meminta agar DPR tidak mengesahkan RKUHP saat ini yang dinilai jauh dari kepentingan masyarakat.


Koordinator lapangan aksi, Naning dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (KASBI) memandang perlu dilibatkannya elemen masyarakat dalam perancangan RKUHP yang kian hari semakin mengundang pro dan kontra.


“Bagaimana agar ruang-ruang demokrasi untuk kepentingan rakyat tidak dibungkam, agar ke depannya tidak menjadi bahan kriminalisasi terhadap seluruh gerakan rakyat. Oleh karena itu dalam perancangan RKUHP perlu melibatkan seluruh masyarakat,” ujar Naning di depan gedung DPR, Senin (12/2/2018).

Baca Juga:  Ingat Aipda Ismet yang Tolong Anak Sekolah? Setelah Kisahnya Viral, Dia Dapatkan Ini dari Atasannya

(baca: RKUHP Pun Berpotensi Menyeret Wartawan ke Penjara)


Menurut Naning, RKUHP saat ini bersifat menjajah dan lebih kolonial ketimbang KUHP yang sudah ada sejak peninggalan Belanda. Naning berdalih, RKUHP berwatak pemenjaraan.


Sebagai tindak lanjut, Naning mengatakan bahwa beberapa peserta unjuk rasa sudah ditemui oleh anggota Komisi III dari Fraksi Partai Nasdem Taufiqulhadi di ruang rapat Komisi III.


Munculnya beberapa pasal dalam RKUHP yang menjadi polemik di masyarakat antara lain diperluasnya aturan mengenai perzinahan yang akan dipidana penjara paling lama lima tahun. Poin e menjelaskan bahwa laki-laki dan perempuan yang masing-masing tidak terikat dalam perkawinan yang sah melakukan persetubuhan.


Selain itu dalam RKUHP rencananya akan kembali memunculkan pasal penghinaan terhadap presiden dan wakil presiden dalam Pasal 263 dan Pasal 264 draft RKUHP. Padahal, sebelumnya aturan tersebut telah dihapuskan oleh Mahkamah Konstitusi (MK) melalui putusan Nomor 013-022/PUU-IV/2006. (wap)

Baca Juga:  Sebanyak 13 Orang Saksi Telah Diperiksa Untuk Pemberkasan Zumi Zola

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.