minum kopi

Minum kopi dapat membantu meningkatkan konsentrasi serta fokus saat berkegiatan. Beberapa orang bahkan tak bisa menjalani hari tanpa menyeruput secangkir sebelumnya. Nah, kondisi ketagihan seperti ini kadang dapat menyimpan bahaya tersendiri untuk tubuh.

Walau aroma kopi sangat wangi menggoda selera, ada kandungan kafein yang cukup tinggi di dalamnya. Zat inilah yang menimbulkan efek tertentu apabila Anda terlalu banyak mengonsumsi kopi. Apalagi jika terjadi overdosis kafein, beberapa anggota tubuh akan secara langsung mengalami dampaknya.

Misalnya saja tangan dan tubuh yang gemetar atau tremor. Kondisi ini jelas mengganggu aktifitas keseharian karena bisa berlangsung selama beberapa jam.

Mengapa tremor dapat terjadi pada anggota tubuh hanya disebabkan minum kopi?

Kafein pada kopi yang Anda minum berfungsi sebagai stimulan yang bekerja merangsang sistem saraf pusat dalam otak untuk bekerja lebih aktif.

Padahal, sistem saraf pusat itu menjadi pusat perintah yang meliputi seluruh fungsi tubuh. Jika sistem saraf ini terpengaruh kafein yang berlebihan, seluruh fungsi tubuh pun akan terimbas.

Itu sebabnya jika berlebihan minum kopi, maka tangan atau tubuh akan gemetar sebab otot-ototnya berkontraksi dan bergerak di luar kendali. Biasanya efek ini akan hilang sendiri jika Anda minum banyak air putih untuk menghilangkan pengaruh kafein tersebut.

Gejala overdosis kafein lainnya adalah pusing atau migrain, insomnia, gelisah, bad mood, sering buang air kecil, mulas, dan jantung berdebar kencang.

Untuk amannya, menurut pusat riset kesehatan Mayo Clinic, seseorang sebaiknya tidak minum lebih dari empat cangkir kopi atau yang mengandung 400 miligram kafein per hari. Namun bagi orang yang sensitif, dua cangkir saja sudah menyebabkan efek buruk seperti gemetar tersebut.

Perlu diketahui juga bahwa kafein tak hanya ada di kopi melainkan ada pada teh, cokelat, minuman ringan berenergi, soft drink lainnya.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here