safron

Saffron adalah sejenis bunga yang dapat dijadikan bumbu masak, bahan parfum, pewarna dan juga bahan pengobatan herbal. Penggunaan tanaman ini dalam beberapa referensi dikatakan sudah sejak jaman Mesir Kuno.

Sayangnya, tidak semua orang bisa menggunakan bahan herbal saffron, karena harganya yang sangat tinggi. Bahkan saat ini satu kilogram saffron bisa mencapai Rp81 juta atau USD6.000 untuk kualitas yang baik.

Mengapa harga bahan herbal tersebut bisa semahal itu? Alasannya karena saffron diambil dari kepala putik bunga crocus saffron sehingga butuh lebih dari 50.000 bunga untuk mendapat hanya 0.45 gram saja.

Namun dalam penggunaannya, satu gram saffron bisa dipakai untuk membuat enam ramuan yang juga dijual dengan harga mahal. Khasiatnya bisa sebagai bahan pengobatan beberapa penyakit.

Saat ini saffron umumnya hanya bisa tumbuh subur di wilayah Iran, Spanyol, Mesir, Maroko, Turki, dan Kashmir. Ada perkebunan luas untuk tanaman saffron, yang diolah petani setempat.

Khasiat bunga yang berwarna merah serta ungu ini dipercaya dapat menekan penyakit kanker, imunemodulasi dan juga antioksidan. Ia juga dapat membantu mengobati depresi ringan dan mengurangi retinitis pigmentosa.

Sebagai bumbu, saffron kerap dibubuhkan dalam jenis masakan dari India, Eropa, Persia, Arab, dan Turki. Sedangkan untuk pewarna, India dan China yang banyak menggunakannya.

Banyak industri parfum ternama yang menggunakan saffron sebagai bahan bakunya. Sedangkan di Asia Selatan, nasi biryani ada yang memakainya sebagai bumbu menu daging.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here