Loading...
Lifestyle

Sakit Perut Sebelah Kanan? Mungkin Itu Gejala Penyakit Ini

Sakit perut sebelah kanan? selain menimbulkan rasa tidak nyaman, rasa itu juga menjadi sinyal untuk memberi tahu bahwa ada sesuatu yang tidak beres, yang berkaitan dengan sistem pencernaan Anda. Apa saja penyakit yang ditandai dengan sakit perut sebelah kanan?


Sebuah survey tentang kesehatan membuktikan, dari semua rasa sakit yang muncul pada tubuh, rasa sakit pada perut menjadi yang paling sering dikeluhkan oleh banyak orang. Sayangnya, begitu banyak organ vital di area perut yang dapat menimbulkan rasa sakit tersebut, baik kembung di bagian atas perut, nyeri pada perut sebelah kiri, maupun sakit perut sebelah kanan.


Ketika rasa sakit muncul, selain menimbulkan rasa tidak nyaman, rasa itu juga menjadi sinyal untuk memberi tahu bahwa ada sesuatu yang tidak beres, yang berkaitan dengan sistem pencernaan Anda. Sayangnya, banyak orang yang kurang paham dengan apa yang menyebabkan rasa sakit tersebut, serta bahaya yang mengancam di kemudian hari.


Nah, apakah Anda termasuk orang yang sedang mengalami rasa sakit perut sebelah kanan? Mau tahu apa saja penyakit yang dapat menyerang jika sakit perut tersebut muncul?

Baca Juga:  Waduh, 8 Makanan Ini Paling Banyak Terpapar Pestisida

Munculnya rasa sakit perut sebelah kanan menjadi gejala umum yang paling sering muncul ketika seseorang terkena usus buntu. Biasanya, rasa sakit ini juga diiringi dengan demam ringan, kembung dan diare. Umumnya juga, rasa sakit akan meningkat ketika pengidapnya menarik nafas dalam-dalam, batuk atau bersin.


Berdasarkan National Institutes of Health, usus buntu merupakan penyebab operasi di bagian perut yang utama di Amerika Serikat. Nah, jika Anda memiliki gejala serupa, sebaiknya Anda bergegas menemui dokter ya. Pasalnya, operasi menjadi satu-satunya metode untuk menyembuhkan usus buntu, dan jika usus buntu ini pecah, dapat menimbulkan efek yang lebih buruk bagi kesehatan.


Kondisi ini disebabkan oleh endapan dari mineral, seperti garam, yang kemudian membentuk partikel keras dalam ginjal. Saat endapan mulai terbentuk, biasanya seseorang tidak merasakan sakit apapun pada bagian perutnya. Namun, saat partikel tersebut berjalan melalui saluran yang menghubungkan ginjal dengan kantung kemih, akan muncul rasa sakit dan ngilu yang tak tertahankan!

Baca Juga:  Melancarkan Peredaran Darah Dengan 4 Makanan Ini!

Anda yang pernah mengalami gejala seperti ini disarankan untuk memeriksakan diri kepada tenaga medis terdekat guna memperoleh pertolongan. Sebab, partikel batu ginjal bisa menimbulkan penyakit berbahaya seperti gagal ginjal, sehingga mengharuskan Anda untuk melakukan prosedur cuci darah, lho.


Bagi para wanita, kemungkinan penyakit dengan gejala sakit perut sebelah kanan akan lebih beragam menyerang Anda, nih, mulai dari kram akibat menstruasi hingga kista rahim. Nah, penyakit kista tersebut harus menjadi perhatian lebih bagi Anda, mengingat jika dibiarkan berlarut-larut, kondisi ini bisa berkembang menjadi tumor dan kanker, lho.


Nah, sekarang Anda sudah tahu kan apa saja jenis penyakit yang bisa muncul ketika sakit perut sebelah kanan menyerang. Ingat, rasa sakit yang muncul jangan dibiarkan terlalu lama ya, karena bisa saja rasa sakit tersebut berkembang dan menjadi penyakit yang lebih berbahaya.


RZ/TP/PJ


https://www.rd.com/health/conditions/stomach-pain-causes/
https://www.healthline.com/health/pain-in-lower-right-abdomen#appendicitis
https://www.mayoclinic.org/symptoms/abdominal-pain/basics/causes/sym-20050728
https://www.webmd.com/digestive-disorders/understanding-appendicitis-symptoms

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.