Loading...
Berita

Sandiaga Bantah Mahar Rp500 M, Tapi Siap Sediakan Uang untuk kampanye

Pasangan calon Presiden dan Wakil Presiden Prabowo Subianto (kedua kiri) dan Sandiaga Uno (ketiga kiri) didampingi petinggi partai pengusung memberikan keterangan pers seusai mendaftarkan dirinya di gedung KPU, Jakarta, Jumat (10/8/2018). (Foto: Antara/Hafidz Mubarak)

Jurnalpolitik.id – Sandiaga Uno menegaskan bahwa tudingan mahar Rp 500 miliar ke PAN dan PKS untuk posisi cawapres Prabowo Subianto tidak benar.

“Kita bisa pastikan itu tidak betul yang disampaikan,” kata Sandiaga kepada wartawan di Pantai Ancol, Jakarta Utara, Minggu (12/8/2018).

Ia mengatakan, tidak ada uang yang diberikan ke parpol koalisinya. Namun, Sandi mengaku bersedia memberikan uangnya untuk kampanye.

(adsbygoogle = window.adsbygoogle || []).push({});

“Tidak benar mahar karena semuanya harus sesuai undang-undang. Sekarang itu kita kan harus pastikan tidak boleh ada lagi ‘hengki pengki’ dalam politik masyarakat,” ujar Sandi.

“Saya bersedia untuk menyediakan sebagian dari biaya kampanye dan ada bantuan kepada tim pemenangan dan juga bantuan kepada partai pengusung, itu yang menjadi komitmen kita,” lanjutnya.

Baca Juga:  Bek Masa Depan Timnas Italia Segera Gabung ke Milan

Sandi berencana menyambangi kantor KPK untuk melaporkan LHKPN setelah pemeriksaan kesehatan di RSPAD. Dia mengaku sudah rutin melaporkan LHKPN dalam kurun waktu tiga bulan sekali.

“Harus keluar (biaya kampanye), belum tahu (berapa). Makanya saya ketemu KPK besok. Kira-kira tim ini lagi menghitung satu LHKPN satu menghitung jumlah biaya kampanye diperlukan, harus terbuka dan kita koordinasi dengan KPU juga karena ada batasan dari KPU,” ucapnya.

“Kedua, rencana pembiayaan kampanye itu sangat pasti harus jadi pemikiran semua. Karena kampanye ini kan tidak murah harus didukung oleh logistik yang kuat, jadi saya akan lapor ke KPK juga bahwa kita mencoba melakukan penyusunan anggaran seperti ini, kira-kira sumbernya dari sini karena saya ada LHKPN saya akan declare berapa yang kira-kira saya sediakan agar semuanya terbuka, terang benderang jadi tidak ada yang ditutupi,” tutr Sandi.

Baca Juga:  Survei Median: Elektabilitas Jokowi Turun, Gatot, Anies dan AHY Menanjak

Baca: Fadli Zon: Gak Ada Mahar, Tapi Kita Perlu Logistik

Meski demikian, Sandi enggan menyebutkan total dana yang akan dikeluarkan untuk kampanye. Terkait tudingan mahar Rp 500 M yang diberikan Sandi untuk PAN dan PKS, mantan Wakil Gubernur DKI itu pun tegas membantahnya.

Sebelumnya, Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief mengatakan bahwa Sandiaga mengakui telah memberikan mahar. Andi pun menolak meminta maaf terkait tudingannya tersebut.

“Soal Mahar entah dalam bentuk penaklukan atau kampanye sudah diakui Sandi Uno, Pimpinan PAN dan PKS yang telah menghujat saya tak perlu minta maaf pada saya, tapi saya anjurkan lihat muka di cermin,” kata Andi Arief melalui akun Twitter-nya, @andiArief__.

Baca: PD Tolak Minta Maaf ke PAN-PKS Soal Tudingan Mahar Rp 500

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.