Sebanyak 13 Orang Saksi Telah Diperiksa Untuk Pemberkasan Zumi Zola

Posted on


 KPK telah memeriksa 13 orang saksi untuk pemberkasan penyidikan Gubernur Jambi, Zumi Zola yang menjadi tersangka kasus dugaan gratifikasi terkait proyek-proyek di Provinsi Jambi.


Menurut Wakil Ketua KPK Basaria Panjaitan, para saksi tersebut diperiksa tim penyidik KPK di Mapolda Jambi.


Pemeriksaan tersebut sudah berlangsung sejak 2 Februari yang lalu. Diantaranya pihak swasta dan Pegawai Negeri Sipil (PNS).


“?13 orang saksi tersebut terdiri dari unsur pejabat pemerintah provinsi, PNS, dan swasta,” kata Basaria saat menggelar konferensi pers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Jumat (2/2).


Zumi Zola sendiri telah ditetapkan sebagai tersangka dari akhir Januari tepatnya pada tanggal 24 Januari dan dicegah bepergian keluar negeri pada esok harinya.


“Alasan kami baru mengumumkannya sekarang karena ada proses penyidikan yang berlangsung di lapangan. Agar tidak menganggu proses itu kami pun sengaja baru mengumumkannya sekarang,” jelas Basaria.


Zumi ditetapkan sebagai tersangka bersama dengan Pelaksana Tugas (Plt) Kadis PUPR Provinsi Jambi, Arfan. Penetapan tersebut berdasarkan hasil pengembangan penanganan perkara dugaan suap pengesahan RAPBD Jambi tahun 2018.


Diduga, Zumi Zola menerima gratifikasi berupa hadiah dan uang sebesar Rp6 miliar.


Atas perbuatannya, kedua tersangka tersebut disangkakan melanggar Pasal 12 B atau Pasal 11 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tipikor sebagaimana telah diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 juncto Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP.(Jft/Skala)

Loading...

Sampaikan Pendapat