selena gomez

Selebriti Hollywood Selena Gomez harus melakukan transplantasi ginjalnya yang rusak, akibat efek buruk dari penyakit lupus yang ia derita. Penyanyi cantik itu mendapat donor ginjal dari salah satu sahabatnya, Francia Raisa yang rela membagi satu organ tubuhnya untuk Gomez.

Terkait kondisinya tersebut, mantan pacar Justin Bieber itu berbagi lewat akun Instagram momen saat ia dan Raisa memasuki ruang operasi.

“Jadi ternyata saya perlu menjalani transplantasi ginjal karena penyakit lupus, dan sekarang saya dalam masa pemulihan,” tulisnya.

Selena Gomez mengungkap bahwa ia sedang menderita sakit lupus dua tahun lalu. Dalam penjelasannya, dirinya menyebut bahwa lupus adalah sakit yang sulit dipahami. Penyakit autoimun kronis itu terjadi karena sistem kekebalan tubuh menyerang jaringan atau organ yang sehat.

Lupus sendiri singkatan dari  lupus erythematosus. Seseorang didiagnosis menderita sakit ini jika imun tubuh yang seharusnya bekerja melindungi tubuhnya dari penyakit, malah menyerang jaringan yang sehat sehingga menjadi sakit.

Terdapat dua jenis lupus saat ini; sistemik lupus eritematosus yang menyerang kulit, sendi, ginjal dan otak. Yang lainnya adalah ‘discoid’ lupus erythematosus, jenis ini khusus menyerang kulit.

Penyakit lupus diduga terjadi akibat pengaruh genetik atau riwayat keluarga, kondisi lingkungan yang menyebabkan infeksi virus, bahan kimia, dan gaya hidup. Data yang ada saat ini menunjukkan bahwa 90 persen penderita penyakit lupus adalah wanita, sisanya pria.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here