Loading...
Lifestyle

Sering Konsumsi Makanan Ini, Awas Batu Ginjal

batu ginjal china

Pemilihan makanan yang tepat akan membuat kesehatan terjaga dengan baik, sebaliknya jika konsumsi makanan secara serampangan maka penyakit akan mudah timbul. Salah satu penyakit yang menakutkan dan dapat muncul akibat kebiasaan makan dan minum tanpa dijaga adalah batu ginjal.

Penyakit batu ginjal ditandai dengan adanya endapan pada organ ginjal yang lantas membatu. Jika tidak diatasi, maka batu tersebut bisa turun ke arah saluran kemih, dan menimbulkan masalah lain.

“Penyebab batu ginjal biasanya ada tiga bahan pemicunya, yaitu oksalat, kalsium, dan asam urat,” jelas Spesialis Urologi RS Pondok Indah, dr. Hery Tiera, Sp.U seperti dilansir laman  VIVA.

Makanan yang kaya kandungan zat tersebut misalnya adalah kalsium, terdapat pada susu dan produk olahannya (keju, yogurt). Zat asam urat biasanya terdapat pada kacang-kacangan serta makanan olahannya .

“Kacang-kacangan dan turunannya itu mengandung asam urat seperti bumbu kacang di gado-gado, pecel, ketoprak,” tambah dr Hery.

Selain itu ada pula pada tempe serta tahu, olahan dari kedelai. Melinjo dan olahannya pun dikenal dapat menambah endapan asam urat di ginjal.

Baca Juga:  Cara Bikin Mainan Slime Sederhana Tanpa Bahan Kimia

Untuk zat oksalat, biasanya ada pada cokelat, daging merah dan buah stroberi. Cara mencegah penumpukan zat tersebut di ginjal sampai menjadi batu ginjal, ia menyarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih.

“Saat minum kurang, urinnya jadi pekat, ditambah dari makanan tersebut yang ada asam urat, oksalat, dan kalsium, makin memicu urin mengkristal dan jadi batu,” tandas dr Hery lagi.

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.