Loading...
Lifestyle

Siapkan Dana Sejumlah Ini Jika Ingin Jalani Bayi Tabung

bayi tabung

Bayi tabung adalah alternatif usaha dari jalur medis yang bisa dijalani oleh pasangan yang telah bertahun-tahun berumah tangga namun belum juga memiliki keturunan. In vitro fertilization (IVF) atau bayi tabung telah terbukti membantu banyak suami istri yang mendambakan buah hati, namun tentu saja Anda membutuhkan biaya yang tidak sedikit untuk itu.

Berapa dana yang harus disiapkan jika ingin melakukan program IVF? Mengutip pernyataan salah satu selebriti tanah air, Tya Ariestya yang telah menjalani program tersebut, dana yang dibutuhkan mencapai puluhan juta.

Tya telah sukses memiliki buah hati bernama Kanaka beberapa tahun lalu dengan program IVF. Menurut Tya, dulu dirinya butuh sekira Rp60 juta hingga berhasil hamil. Kini dirinya berencana memiliki anak kedua dengan cara yang sama.

“Untuk program bayi tabung ini sepertinya lebih dari itu karena aku perlu stimulan lebih. Jadi, amannya siapkan Rp60-100 juta,” jelasnya pada acara konferensi pers jelang Morula: Fertility Science Week 2018 di Jakarta.

Mengapa program IVF butuh dana besar? pada penjelasan yang diberikan oleh pihak medis, diungkap bahwa dana tersebut digunakan untuk keperluan pengobatan sebelum IVF. Obat tersebut impor, sebab belum diproduksi di dalam negeri.

Baca Juga:  Resep Pastel Abon Mini yang Renyah dan Gurih

Lebih lanjut, dana besar juga digunakan untuk sumber daya manusia alias dokteer ahli yang melakukan program tersebut.

Selanjutnya adalah untuk tekonologi yang dipakai dalam IVF, peralatannya tidak murah.

“Berbicara tentang teknologi, tim yang membantu dalam program bayi tabung ini melakukan pengecekan ukuran mikron, 100 – 5 mikron,” jelas dokter Ivan Sini, SpOG dari Morula IVF Indonesia.

Biaya tersebut bisa saja berbeda antar pasangan, karena proses yang dijalani kadang juga beda sesuai kondisi individu. Ada yang lebih mudah atau malah lebih sulit.

Tingkat keberhasilan program bayi tabung pasangan dengan usia istri di bawah 38 tahun dan sehat bisa mencapai 50 persen.

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.