Loading...
MotoGP

Sirkuit Palembang Siap Jadi Tuan Rumah MotoGP 2019 Atau 2020

Sirkuit Palembang Siap Jadi Tuan Rumah MotoGP 2019 Atau 2020

Sirkuit Palembang siap menjadi sirkuit tuan rumah MotoGP pada tahun 2019, atau paling lambat tahun 2020. Demikian yang disampaikan oleh sang ‘arsitek’ sirkuit, Herman Tilke. Sebelumnya mimpi Indonesia menggelar seri MotoGP tahun ini disalip Thailand.

Sejak era Menpora Imam Nahrawi, Indonesia memilik kehausan untuk jadi penyelenggara seri MotoGP. Namun mewujudkan hak tersebut bukanlah perkara mudah. Wacana tuan rumah Moto GP tahun 2017 dan 2018 sempat muncul, tetapi tidak terjadi.

Tahun ini, Indonesia malah didahului Thailand yang menggunakan Sirkuit Buriram. Tetapi, mimpi belum pupus. Setidaknya hal tersebut yang disampaikan Herman Tilke kepada Speedweek; bahwa persiapan Palembang menjadi tuan rumah Moto GP sudah ada di jalur yang benar.

Baca Juga:  Dovi: Marquez Sia-siakan MotoGP Argentina

Dikutip dari Liputan6.com, Tilke menyebutkan, “lintasan (Sirkuit Palembang) tengah dibangun di sebelah venue dayung untuk Asian Games 2018. Karena medannya rawa, hal itu yang mempersulit tugas kami.”

Lahan yang digunakan untuk pembangunan Sirkuit Palembang mencapai 120 hektar. Sementara, total panjang lintasan mencapai 4.726 meter, yang memiliki tiga lintasan lurus. Jika kecepatan motor digeber dalam rata-rata 172 km/ jam, maka waktu per lap normal adalah 1 menit 30 detik.

Sirkuit Palembang Siap Jadi Tuan Rumah MotoGP 2019 Atau 2020 2

Penunjukan Herman Tilke sebagai arsitek sirkuit jelas bukan hal keliru. Sosoknya sudah dikenal menyulap berbagai sirkuit kelas dunia seperti Sirkuit Sepang (Malaysia), Istanbul Park (Turki), Yas Marina (Uni Emirat Arab), Bahrain International Circuit (Bahrain), dan Sirkuit Marina Bay (Singapura).

Baca Juga:  Marc Marquez Terancam Crash di GP Valencia, Peluang Dovizioso Masih Ada

Terkait waktu penyelenggaraan MotoGP di Palembang, Tilke punya dua ancar-ancar. Menurutnya, Palembang sudah bisa menjadi tuan rumah pada tahun depan. Namun, mungkin saja baru terwujud setahun berikutnya.

“(Tuan rumah MotoGP) 2019 itu realistis. Entah apakah  (pada akhirnya) terwujud pada 2019 atau 2020, saya tak bisa meyampaikannya sekarang. Dari sisi kami, (menjadi tuan rumah MotoGP) 2019 itu masuk akal.”

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.