Loading...
Dunia Militer

Sisi Lain C-130 Hercules TNI AU, Angkut Helikopter Ke Pangkalan Aju

Dalam operasi lintas udara, hingga pergeseran pasukan secara cepat, maka peran pesawat angkut taktis dan strategis C-130 Hercules tak bisa dikesampingkan, maklum sampai saat ini, pesawat produksi Lockheed Martin ini lah yang paling jadi andalan untuk misi jembatan udara. Lain dari misi tersebut, angkut beragam kendaraan dan logistik juga dipercayakan pada Sang Putra Zeus ini.

Baca juga: Searcher UAV, ‘Sosok’ Terlupakan di Balik Operasi Pembebasan Sandera Mependuma

Nah, sejatinya masih ada peran strategis lain dari C-130 Hercules TNI AU, yakni sebagai wahana yang paling dijagokan untuk men-deploy helikopter di pangkalan aju. Dalam beberapa kasus, seperti Operasi Mapenduma di Papua pada tahun 1996, peran helikopter menjadi tumpuan penting mengingat gelaran operasi hanya efektif dijalankan lewat kehadiran helikopter.

Baca Juga:  Ancaman Meningkat, TNI Diminta Bentuk Pasukan Elit Baru

Mengigat ketersediaan helikopter TNI yang sangat terbatas di medan operasi, maka dalam waktu singkat diperlukan kekuatan BKO (Bawah Kendali Operasi) tambahan. Dari basis Puspenerbad di Semarang, Jawa Tengah misalnya, untuk menghadirkan helikopter ke Papua jelas makan waktu bila dilakukan dengan ferry flight, perlu beberapa kali penerbangan transit antar pulau. Selain biaya operasional dan bahan bakar yang tinggi, penerbangan jarak jauh lintas pulau juga mengandung risiko tinggi, seperti ancaman cuaca buruk selama perjalanan.

Seperti pada Operasi Mapenduma, dua NBell-412 serta satu heli serang NBO-105 diberangkatkan dari Semarang ke Wamena dengan menggunakan pesawat C-130 Hercules. Karena ruang kargo C-130 yang sejatinya tidak terlalu besar, maka untuk loading helikopter bukan perkara mudah. Yang pasti bagian rotor utama dan baling-baling helikopter harus dilepas terlebih dahulu. Bahkan untuk memasukkan helicopter sekelas NBell-412, landing skit juga harus dilepas agar fuselage helikopter dapat masuk ke ruang kargo.

Baca Juga:  SA313 Alouette II: Sosok Helikopter Legendaris di Monumen RE Martadinata

Baca juga: NBell-412 SP/HP/EP – Tulang Punggung Kavaleri Udara TNI AD

Sebagai informasi, ruang kargo C-130H Hercules punya panjang 12,19 meter, lebar 3,02 meter, tinggi 2,74 meter dan panjang pintu rampa (ramp door) 3,12 meter. Jika ‘tamu’ yang dibawa adalah NBell-412, maka bisa dibayangkan betapa ngepas space yang tersisa. (Drajat)

Sumber: Indomiliter.com
Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.