Loading...
Lifestyle

Sudah Minum Kopi Tapi Tetap Ngantuk, Ini Penyebabnya

Minum Kopi

Minum kopi sering jadi pilihan untuk menghindari ngantuk saat sedang bekerja. Namun bagaimana jika sudah minum kopi namun ngantuk malah datang lebih dahsyat menyerang? Hal ini tentu bisa membuat pekerjaan jadi berantakan dan Anda harus tidur dahulu agar tidak terjadi hal yang tak diinginkan.

Sebenarnya apa yang menyebabkan orang tetap ngantuk walau sudah minum kopi? Ternyata kopi sendiri juga bisa membuat tubuh makin lemas dan ngantuk lho.

Saat Anda minum kopi di pagi hari, zat kafein dalam kopi akan merangsang kortisol dan adrenalin dalam tubuh untuk bekerja lebih keras. Alhasil Anda pun merasa bersemangat serta fokus dalam bekerja.

Baca Juga:  Walau Sehat, Sayuran Ini Jangan Dikonsumsi Berlebihan

Namun, ini hanya berlaku jika Anda minum kopi pertama kali di hari tersebut. Jika sepanjang hari Anda beberapa kali mengonsumsinya, maka efek ‘memberi semangat’ akan terus berkurang.

Kopi terus menerus meningkatkan kerja hormon. Apabila sepanjang hari Anda mengasup kafein, maka hormon terkuras. Saat itulah tubuh akan merasa sangat lelah dan butuh istirahat. Walau Anda minum kopi lagi, maka rasa ngantuk tidak bisa dihindari.

Alasan lain adalah karena gen. Beberapa orang punya gen yang membuat mereka tak terlalu terpengaruh dengan kafein. Mereka pemilik gen ini dapat tetap tidur karena mengantuk walau baru minum kopi.

Sebuah studi dari Universitas Edinburgh di Skotlandia mengungkap bahwa jumlah kopi yang sanggup dikonsumsi oleh seseorang itu dipengaruhi oleh variasi gen.

Baca Juga:  Gemar Makan Ayam, Ini 9 Manfaat Sehatnya

Karena itulah ada orang yang bisa begadang lama dengan satu gelas kopi, sementara yang lainnya sudah tidur walau minum jumlah kopi yang sama.

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.