kucek mata

Tanpa sadar kadang kita mengucek mata berkali-kali apabila terasa gatal atau perih. Setelah melakukan hal itu, rasanya memang sedikit nyaman. Namun kerap rasa gatal dan perih akan kembali lagi padahal sudah berusaha dihilangkan dengan mengucek organ penglihatan tersebut memakai tangan.

Tahukah Anda, ada beberapa alasan untuk tak lagi melakukan kebiasaan mengucek mata lho. Lebih disarankan menggunakan obat tetes saja agar bola mata kembali basah dan mencegah iritasi.

Berikut ini beberapa alasan yang sebaiknya Anda ketahui tentang resiko mengucek mata, seperti dilansir laman Alohaclinic:

Tangan yang Anda gunakan mengucek mata, bisa jadi sedang ditempeli kuman dan bakteri atau kotoran lainnya. Memang semua hal itu tidak terlihat namun resikonya dapat mengiritasi mata Anda.

Kulit di sekitar mata lebih tipis dan sensitif dibanding kulit di bagian tubuh lainnya. Jika Anda kerap mengucek bagian tersebut dengan keras, maka kerut dan keriput halus sangat mudah timbul disana. Belum lagi pembuluh darah tipis yang banyak terdapat di bagian bawah mata, beresiko pecah atau melebar dan menyebabkan mata tampak merah.

Bola mata yang Anda miliki bukan organ yang kuat menghadapi tekanan. Struktur dalam korneanya, retinanya, juga susunan bola mata yang membuat Anda dapat melihat jelas bisa cedera.

Jadi sebaiknya hindari kebiasaan mengucek mata, dan gunakan saja obat tetes jika mata terasa perih atau gatal.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here