Susu Kental Manis Baiknya Digunakan Untuk Hal Ini

Posted on

jenis susu

Pernyataan resmi BPOM yang dirilis baru-baru ini menyebut bahwa produk susu kental manis (SKM) sebenarnya bukan susu, sehingga tidak dianjurkan untuk diberikan pada anak-anak dan balita apalagi bayi.

Jadi dalam rilis tersebut pihak BPOM meminta produsen membuang kata ‘susu’ dalam produk mereka, menjadi ‘Kental Manis’ saja. Selain itu produsen diharap tidak lagi membuat iklan yang menggambarkan seolah-olah produk mereka sama dengan susu.

Untuk konsumsi, sebenarnya kental manis digunakan untuk pelengkap makanan seperti pada pemanis kue, es buah, tambahan pada minuman seperti kopi dan teh, jus, dan sebagainya. Jadi bukan khusus minuman anak-anak atau balita.

Tak heran jika kandungan gula dalam kental manis sangat tinggi, sedangkan nutrisi lain yang selayaknya ada dalam susu semisal protein dan kalsium, tidak ada pada produk tersebut.

Baca Juga:  Ini Alasan Soto Layak Jadi Ikon Kuliner Indonesia

Terkait konsumsi kental manis, dr. Tirta Prawita MSc, Sp. GK dari Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia menekankan bahwa konsumsi tak boleh lebih dari empat sendok makan.

“Itu sudah maksimal banget penggunaannya. Karena kandungan gula yang sangat banyak,”  kata Tirta.

Tak hanya kental manis, secara umum konsumsi gula per hari tak boleh lebih dari empat sendok untuk tetap sehat.

“Bukan hanya dari susu kental manis. Jadi kalau kita minum teh manis, kita hitung juga, kalau kita memasak kemudian ada gula pasir, itu juga kita hitung,” tambah dia.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.