Loading...
MotoGP

Suzuki Tidak Jeblok, Tapi Mereka Kehilangan Maverick Vinales

Berita MotoGP 2016 Maverick Vinales Podium, Tak Jamin Tetap di Suzuki

Suzuki menjalani tengah musim yang mengerikan di MotoGP 2017 ketika mereka tercecer di papan bawah. Namun menurut Herve Poncharal, masalah tidak terjadi karena motor GSX-RR tidak kompetitif. Tetapi lebih karena, tim tersebut kehilangan sosok istimewa seperti Maverick Vinales.

Sampai seri kesembilan, Suzuki menempati peringkat 10 dari 12 tim di klasemen MotoGP 2017. Prestasi terbaik mereka hanyalah peringkat tujuh di GP Austin atas nama Andrea Iannone. Sangat jauh dibandingkan performa musim lalu. Oleh karenanya tidak sedikit yang menyebutkan, tim Jepang ini tengah menggelinding jatuh.

Namun Herve Poncharal tidak sepakat. Ia menyebutkan kepada Crash.net, permasalahan yang terjadi di Suzuki adalah, mereka terlalu bertaruh. Bukan cuma karena Andrea Iannone harus beradaptasi dengan motor baru, tetapi juga karena pebalap kedua Suzuki, Alex Rins adalah seorang rookie. Ditambah ia sempat cedera lama pula.

Baca Juga:  Gandeng Marc VDS, Suzuki Bakal Punya Tim Satelit di MotoGP 2019

Poncharal menyebut, “Saya tidak berpikir Suzuki kalah kompetitif dibanding tahun lalu. Saya pikir (Maverick) Vinales adalah sosok spesial (yang sangat mengangkat Suzuki musim lalu, tapi kini hengkang ke Movistar Yamaha).”

Maverick Vinales Podium Lagi, Ini 'Hukuman' Untuk Suzuki di MotoGP 2017

“Beberapa orang juga tidak mengerti level (sesungguhnya) Aleix Espargaro karena Anda dapat melihat apa yang dia lakukan sekarang di Aprilia. Jadi musim lalu mereka (Suzuki) sebenarnya punya pebalap yang sangat bagus, termotivasi, dan cepat.”

Kisah Suzuki musim lalu sangat kontras dengan musim ini. Karena, “Tahun ini, dan saya tidak menyalahkan siapapun, tapi Alex (Rins) adalah seorang rookie dan sempat mengalami cedera. Iannone sebelumnya mengendarai Ducati yang merupakan motor yang berbeda (dari Suzuki). Mengejutkan, karena ia tidak cukup bisa beradaptasi.”

Baca Juga:  Hasil Kualifikasi MotoGP Inggris 2017: Marc Marquez Pole, Kalahkan Valentino Rossi

Poncharal kemudian menyimpulkan dengan gaya unik, “Tahun ini kekecewaan besar dan tanda tanya besar adalah (pada) Suzuki. Mengapa? Apakah karena motor mereka lebih buruk daripada motor tahun lalu? Atau karena pebalap mereka tidak bisa menggunakan motor (GSX-RR) ?… saya tidak akan mengatakannya, karena seseorang bakal membunuh saya (jika bicara jujur)!”

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Leave a Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.