Loading...
MotoGP

Tak Pilih Kasih Untuk Jorge Lorenzo, Ini Trik Ducati Soal Motor GP18

Tak Pilih Kasih Untuk Jorge Lorenzo, Ini Trik Ducati Soal Motor GP18

Ducati mengaku tidak akan pilih kasih pada salah satu pebalap mereka, entah itu Jorge Lorenzo atau Andrea Dovizioso. Menurut Cristian Gabarrini, kepala kru Ducati, memang pengembangan motor Desmosedici GP18, nama motor Ducati, memang diarahkan untuk menyesuaikan dengan gaya Lorenzo. Namun, Andrea Dovizioso juga bakal diistimewakan. Bagaimana caranya?

Selama ini, motor di berbagai tim MotoGP cenderung dikembangkan untuk mengikuti gaya membalap rider yang paling ampuh. Contoh sederhananya ada di Repsol Honda, yang mengembangkan motor RC213V sesuai dengan keinginan Marc Marquez. Bahkan meski Honda memiliki sosok seperti Dani Pedrosa dalam tim.

Namun ini juga bukan hal mutlak. Tengoklah Yamaha, yang sama-sama memiliki dua pebalap juara kala Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo masih satu atap. Ketika itu, Yamaha mengembangkan motor YZR M1 ke dua arah sekaligus, mengikuti dua pebalap mereka.

Pertanyaaan muncul untuk Ducati musim ini. Hendak kemanakah mereka mengembangkan motor? Jika melihat biaya yang harus dikeluarkan untuk Jorge Lorenzo, Ducati akan merujuk pada X-Fuera. Namun jika melihat keberhasilan Andrea Dovizioso musim lalu dengan enam kemenangan di MotoGP 2017, sangat disayangkan jika Ducati mengabaikan sang pebalap Italia.

Andrea Dovizioso Ducati Sukses Berkat Efek Jorge Lorenzo 2

Terkait hal ini, dikutip dari Marca, Ducati akan mengadopsi ‘jalur ganda’ untuk pengembangan motor Desmosedici GP18. Artinya, motor akan dikembangkan untuk Lorenzo dan Dovizioso sekaligus. Idenya adalah memaksimalkan gaya kedua pebalap; yang diperkirakan bisa mendapatkan hasil terbaik. Langkah ini lebih apik daripada mengorbankan seorang pebalap demi yang lain.

Gabarrini menuuturkan, “Kami bekerja (mengembangkan motor) ke arah Jorge. Saya pikir tahun ini, motor (Desmosedici GP18) akan lebih dekat dengan gaya mengemudi Jorge. Ducati mendorong untuk perbaikan motor ke arah itu.”

Tapi bukan berarti Ducati melupakan kebutuhan Dovi,  karena “Bukan masalah untuk mengembangkan motor ke dua arah, ini mungkin usaha ekstra untuk tim pabrikan, tapi yang positif adalah Anda dapat belajar lebih banyal. Pasalnya, Anda dapat mengambil hal-hal positif dari kedua arah.”

Loading...

About the author

Citra

You are what you read! Ungkapan itu membuat kami ingin menyajikan berita tulisan yang sesuai dengan jati diri Anda. Selamat membaca dan silahkan berkomentar...

Sampaikan Pendapat

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.