panda cina

Sepasang panda baru datang dari Cina setelah melakukan perjalanan selama lima jam dari negara tersebut, ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Kamis (28/09) pagi. Kedua panda yang berjenis kelamin jantan dan betina itu akan tinggal di Taman Safari Indonesia Cisarua, Bogor selama sepuluh tahun ke depan.

Cai Tao dan Hu Chun, nama mereka, memang dipinjamkan untuk jangka waktu tersebut saja. Jadi bila sepuluh tahun sudah lewat, mereka akan dikembalikan lagi ke negaranya.

Tak main-main, Taman Safari Indonesia Cisarua menyiapkan lahan sebesar 4.800 meter persegi untuk habitat hidup kedua panda itu. Menurut Direktur dan Pemilik Taman Safari Indonesia Jansen Manansang, ada empat tempat; dua dalam ruangan dan dua outdoor, untuk kedua panda tersebut.

Habitat sedapat mungkin disesuaikan dengan habitat aslinya, yakni berada di 1.800 meter di atas permukaan laut yang suhunya rendah yakni antara 15-24 derajat celcius.

Pihak TSI juga menanam bambu di lahan seluas 10 hektare, khusus untuk menyediakan makanan bagi panda-panda tersebut.

“Karena makannya 99% dari bambu, sementara 1%-nya adalah sayur dan buah-buahan,” jelas Jansen.

Ada 63 jenis bambu yang ditanam di sana, 10 jenis di antaranya merupakan bambu asli Indonesia. Diharapkan ini dapat mengamankan persediaan makanan sepasang panda yang akan dikembangbiakkan tersebut, dan membuat mereka bisa beranak selama berada di sini.

Sepasang panda berukuran besar itu baru akan dapat disaksikan oleh masyarakat Indonesia pada akhir bulan Oktober 2017, sebab masih harus menjalani karantina dan proses adaptasi dengan cuaca serta keadaan lingkungan baru mereka di Taman Safari Indonesia Cisarua.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here