cuka-putih_20170914_142848

Cuka sebenarnya tidak hanya bisa digunakan untuk membuat acar, marinasi, atau dressing salad saja. Masih banyak manfaat tambahan cuka lainnya yang belum akrab diketahui oleh penyuka kuliner tanah air.

Michael Harlan Turkell menulis buku ‘Acid Trip: Travels in the World of Vinegar’ yang menceritakan cara penggunaan cuka untuk berbagai jenis masakan di penjuru dunia. Negara seperti Prancis, Italia, Austria, Jepang, hingga Amerika Utara punya resep tersendiri tentang penggunaan cuka.

Berikut ini beberapa tips menambahkan cuka ke masakan agar lebih enak, seperti dilansir Food52, Selasa (2/1/2018):

Telur goreng plus cuka

Orang Prancis sering menambahkan cuka pada saat menggoreng telur. Mereka membubuhkan cuka dan anggur putih (white wine) saat memasak telur mata sapi atau orak arik. Selanjutnya telur akan diberi taburan tarragon, semacam tanaman yang aromanya kuat.

Ice cream

Salah satu bahan pembuat es krim merk Jeni’s Splendid Ice Cream adalah cuka (vinegar). Hal itu diakui oleh pemilik sekaligus pembuatnya, Jeni Britton Bauer.

Pepper jelly

Kombinasi makanan pedas paprika, cabai jalapenos dengan apple cicder vinegar syrup bisa menghasilkan makanan lezat. Kadang juga sebuah potongan keju diletakkan di makanan tersebut. Ini seperti acar di Indonesia yang diberi potongan cabai dan bawang merah.

Pie

Pada resep klasik kue pie ala Eropa, ada yang ditambahkan dengan beberapa sendok cuka. Ini memberi efek rasa masam untuk menggantikan jeruk jika sedang tidak tersedia.

Rasanya, menurut buku Acid Trip ini, sangat menggugah selera.

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here