PT Pindad (Persero) siap memproduksi secara massal medium tank di tahun depan. Perusahaan pelat merah ini sudah mendapat pesanan 100 unit untuk memenuhi kebutuhan TNI.
“Rencana TNI tahun depan sudah ada. Kurang lebih 100 unit,” kata Direktur Utama PT Pindad Abraham Mose saat ditemui di Kantor Pindad, Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung, Senin (18/9/2017).


Ia mengungkapkan untuk memenuhi kebutuhan TNI sebetulnya diperlukan sebanyak 300 unit medium tank. Namun untuk tahap pertama diperkirakan, Pindad mampu menyiapkan sebanyak 100 unit saja yang dikerjakan selama dua tahun.


“Kebutuhan (sebetulnya) 300 unitan, tapi yang pertama kurang lebih 100 unit. Ini paling tidak dua tahun (untuk memproduksinya),” ucap dia.


Namun saat ini Pindad bersama FNSS Turki tengah menyelesaikan pembuatan prototype medium tank yang kedua. Prototype tersebut akan menjalani serangkaian pengujian, salah satunya tes ledak.


“Sehingga prototype itu betul-betul sempurna. Jadi ini real pembuatan oleh PT Pindad dan FNSS,” katanya.


Abraham melanjutkan, karena medium tank ini sifatnya masih prototype, Pindad dan NFSS tidak bisa saling klaim bila medium tank tersebut hasil karyanya. Tapi merupakan hasil pengembangan bersama.


Namun setelah masuk tahun produksi, Pindad berhak menjual dan melakukan produksi secara massal dan FNSS tidak boleh lagi mengklaim itu karya mereka.


“Setelah itu masuk tahun produksi massal,dia (FNSS) tidak bisa klaim itu produk mereka. Indonesia punya hak memproduksi serial produk dan menjual,” ujar Abraham.


Sumber : detik.com

Artikel lain yang banyak dibaca:

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here