Temui Menkominfo, Tik Tok Janji Bersihkan Konten Negatif

Posted on

Tik TokTik Tok

Perwakilan aplikasi Tik Tok akhirnya menemui Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara dan berjanji akan membersihkan konten negatif di platformnya. Seperti informasi sebelumnya, aplikasi video lipsync yang sedang naik daun ini telah diblokir oleh Kominfo 3 Juli 2018 lalu karena konten negatif dan banyaknya aduan dari masyarakat. 

Aplikasi Tik Tok memang saat ini sedang naik daun dan digemari kawula muda tanah air, terutama remaja. Popularitas Tik Tok ini melahirkan artis dadakan yang penuh kontroversi, yakni Bowo Alpenliebe. Tak hanya itu, Tik Tok juga banyak terdapat konten negatif, sehingga banyak dilaporkan masyarakat. Tik Tok mengambil langkah cepat dengan membersihkan platformnya agar tidak lagi diblokir.

“Tik Tok sampaikan kenapa itu terjadi. Dan bagi kami yang penting ada komitmen membersihkan semua konten negatif. Setelah itu, mereka berkomitmen hire puluhan orang untuk bersihkan konten negatif,” kata Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara.

Tak hanya berjanji membersihkan konten negatif dari platform-nya, Tik Tok juga memperbarui layanannya dengan meningkatkan batas usia minimal pengguna dari 12 tahun menjadi 16 tahun. Selain itu, Kemkominfo turut menuntut Tik Tok untuk mendirikan kantor perwakilan khusus di Indonesia.

Baca Juga:  Harga iPhone 8 Mulai 9,8 Juta

Seperti yang kita ketahui sebelumnya, Kominfo mengatakan bahwa pemblokiran aplikasi Tik Tok ini sudah sesuai dengan prosedur. Kominfo mengatakan telah menerima banyak aduan dari masyarakat mengenai aplikasi Tik Tok. Tak kurang dari 2800 aduan dari masyarakat terkait Tik Tok ini.

Ternyata tak hanya Kominfo saja yang menerima aduan dari masyarakat mengenai aplikasi Tik Tok, tetapi juga Komisi Perlindungan Anak (KPAI) dan Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak (PPA). Kominfo akhirnya berkomunikasi dengan dua lembaga tersebut dan kemudian menghubungi tim pengelola Tik Tok untuk menangani konten negatif di platform-nya.

Loading...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.